10 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

10 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

10 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia
10 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

Kunyit atau Kunir (Curcuma longa Linn. syn Curcuma domescita Val) Adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman kunyit ini kemudian mengalami penyebaran di daerah Malaysia, Indonesia, Australia, Dan Afrika. Hampir setiap orang Indonedia dan India serta bangsa Asia pada umumnya pernah mengkomsumsi tanaman rempah kunyit tersebut.

Kunyit Sebagai Jamu dan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan

Baik sebagai pelengkap bumbu masakan, Jamu dan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa banjar kunyit atau kunir tersebut di namakan Janar. Kunyit termasuk dalam kelompok Jahe-jahean, (Zingiberaceae). Kunyit tersebut di kenal sebagai daerah dengan beberapa nama lokal. Seperti : Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia Dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Dan Konyet (Madura).

Pengenalan Singkat tentang Kunyit

Kunyit adalah Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan di negara Asia, Kunyit sering di pergunakan sebagai bumbu dalam masakan yaitu sejenis gulai, dan juga di gunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, Dan sebagai pengawet produk farmasi berbahan baku kunyit. Dan mampu bersaing dengan berbagai Obat-obatan. Misalnya, Untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Berikut di bawah ini 10 manfaat dan khasiat dari kunyit dengan kandungan sejumlah unsur kimia yang di milikinya untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh :

  1. Kunyit bersifat antiseptic dan antibakteri dengan kedua sifat ini kunyit dapat berperan sebagai desinfektan untuk luka biasa dan luka bakar.
  2. Kombinasi kunyit dan kembang kol dipercaya dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya kanker prostate.
  3. Pada uji coba klinis, Penyuntikan ekstrak kunyit kedalam tikus yang telah di masukkan Sel-sel kanker payudara menunjukkan bahwa ekstrak tersebut dapat menghentikan penyebaran Sel-sel kanker pada tikus tersebut.
  4. Kunyit dapat melindungi kulit dari serangan kanker kulit dan menyebabkan sel melanoma mati dengan sendirinya.
  5. Dapat mengurangi resiko leukemia.
  6. Sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun secara alami dalam hati.
  7. Dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alxheimer dengan cara mengurangi penumpukan plak di otak amyloyd.
  8. Dapat mencegah metastatis dari terjadinya berbagai bentuk kanker.
  9. Bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tampa efek samping.
  10. Memperlambat perkembangan multiple sclerosis.

 

Sumber: https://www.bertani.co.id