4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri
4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

Macam-macam dosa besar besar salah satunya adalah dosa besar terhadap allah. Dosa ini terdiri dari syirik, kufur, nifaq, fasiq, sedangkan dosa besar terhadap diri sendiri adalah bunuh diri.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang 4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri, apa saja itu? Untuk lebih jelasya simak uraian berikut ini.

4 Dosa besar terhadap allah

Dosa besar terhadap allah diantaranya sebagai berikut :

Syirik

Kata syirik menurut arti bahasa berarti syarikat atau sekutu. Sedangkan menurut istilah ilmu tauhid adalah perbuatan mensyarikatkan atau menyekutukan allah swt dengan sesuatu selain-nya.

Orang yang melakukan disebut musyrik. Sirik termasuk dosa besar karena akan pelakukan tidak akan memperoleh ampunan allah sebelum meninggal ia tidak bertobat dengan tobat nasuha. Allah juga mengharamkan surga dan melenyapkan semua pahala dan amalan bagi orang yang syirik.

Dalam kitab tafsir al bayan yang ditulis oleh hasbi ash shiddiqy, ia menguraikan macam-macam syirik, yaitu :

Syirik istiqlal yaitu pengakuan adanya dua tahun yang berdiri sendiri-sendiri
Syirik tab’id yaitu tuhan itu sendiri dari beberapa tuhan (politheisme)
Syirik taqrib yaitu menyembah kepada selain allah dengan maksud mendekatkan diri kepada allah
Syirik taqlib yaitu menyembah kepada selain allah karena mengikuti apa yang telah diperbuat nenek moyangnya
Syirik sebab yaitu menyadarkan sesuatu yang telah terjadi kepada selain allah swt
Syirik garad yaitu mengerjakan ibadah dan amal saleh bukan karena ibadah dan amal saleh bukan karena allah tetapi karena maksud keduniawian.

Kufur

Kufur yaitu mengingkari adanya allah dan segala ajarannya yang disampaikan oleh nabi dan rasul-nya. Orang berlaku ingkar disebut kafir (kafirun atu kufur). Mengingkarai atau bersyukur i ni nikmat yang dikaruniakan allah termasuk kufur
Artikel terkait lainnya : Pengertian dosa besar, macam-macam dosa besar serta cara menghindari dosa besar

Nifaq

Nifaq yaitu menampakkan sikap, ucapan dan perbuatan yang sesungguhnya bertantangan dengan apa yang tersembunyi dalam hati, seperti berpura-pura memeluk islam padahal dalam hatinya kufur, orang yang nifaq disebut munafiq (munafiqun)

Fasiq

Fasiq adalah melupakan allah. Orang yang fasik akan meninggalkan kewajiban agamanya seperti meninggalkan shalat lima waktu, tidak bertobat bahkan sampah keluar dari islam baik ditujukkan dari sikap mental, ucapan maupun perbuatan.

Dosa besar terhadap diri sendiri

Dosa besar terhadap diri sendiri adalah dosa besar yang objek atau sasarannya adalah diri sendiri, seperti membunuh dirinya sendiri, bunuh diri dalam bentuk apapun haram dalam islam dan pelakunya di ancam akan kekal selamanya dalam nereka. Perbuatan-perbuatan menyiksa diri juga termasuk dosa kepada diri sendiri.

Narkotika dan khamar termasuk perbuatan dosa yang merusak-kan diri sendiri. Khamar adalah sesuatu yang dapat memabukkan dan menutup akal sehat bagi peminumnya.

Setiap yang memabukkan dilarang oleh agama, narkotika dilarang karena merugikan kesehatan, menghacurkan moral dan menurunkan ibadah.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ketakwaan kepada allah.swt. sampai jumpa lagi.

Baca juga: