5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari
5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

Sholat adalah doa, umat islam yang sudah balig di wajibkan mendirikan sholat baik laki – laki maupun perempuan selama tidak ada hal yang menyebakan untuk meninggalkan sholat.

Dalam sahari bagi umat muslim di wajibkan mendirikan sholat 5 waktu yang di antarnya : subuh, zhuhur, asyar, magrib, dan isya.

Tanpa kita sadari sholat telah merubah sikap dan perilku kita bagi yang mengerjakannya degan khusuk dan konsisten, apa sajakah perubahan-perubahan itu.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang 5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

Sikap positif adalah perilaku yang baik yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain sehingga apabila orang itu memandangnya, dan merasakannya akan memberikan energy positif kedalam diri seseorang sehingga merasa senanng untuk ikut melaksanakannya.

Dalam gerakan sholat, waktu sholat dan bacaan sholatmu tata cara sholat dan lain-lain telah mengajarkan bahwa kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dari pengajaran dari ibadah sholat tersebut. Apa saja itu?

Mengajarkan kita untuk rendah hati dan tidak berlaku sombong (angkuh)

Ibadah sholat berarti kita akan menyembah tuhan semasta alam yaitu allah.swt. kepala manusia yang fitrah itu hanya bisa sujud kepada allah,swt saja.

Berapa rendahanya kita dihadapan allah.swt kita hanyalah manusia yang lemah yang tak pernah luput dari salah dan dosa dengan demikan sholat telah mengarjarkan kita untuk selalu rendah diri dan tidak berlaku sombong dan angkuh sesama manusia.

Sebagaiman terdapat dalam ayat al-qur’an bahwa sanya allah,swt tidak menyukai orang –orang yang sombong dan berlaku angkuh.

Disiplin

Dalam 1 hari , kita mengerjakan shalat 5 waktu dalam periode masa dan waktu yang berbeda dari subuh, siang, sore, malam semunya mencangkup 1 hari yang penuh.

Sholat 5 waktu telah ditentukan waktunya, kapan harus mengerjakkannya dan kapan berakhirnya.

Bagi orang yang konsisten dalam hidupnya mengerjakan sholat ontime (berjamaah) insya allah hidupnya akan menjadi lebih disiplin dan akan meraih kesuksesaan di masa didepan.

Jika kamu sulit menjadi orang yang disiplin langkah awal yang harus kamu lakukan perbaiki terlebih dahulu shalat 5 waktumu baru hal-hal yang lain.

Amanah dan dapat dipercaya

Sholat adalah perintah yang wajib dilakukan dan apabila di tinggalkan maka pelakunya akan mendaptkan dosa.

Sholat adalah salah satu ibadah yang telah diperintahkan oleh allah,swt untuk umat manusia dengan mengerjakan sholat secara iklas maka berarti kita telah menjalankan amanah dan termasuk orang yang dapat di percaya.

Dijaman sekarang mencari orang yang dapat di percaya itu sangat sulit, bahkan teman sendiri saja bisa menjadi serigala berbulu domba, jadi dengan konsisten mengerjakan sholat berjamaah berarti telah mengajarkan kita untuk menjadi orang yang amanah dan dapat dipercaya.

Ikhlas

Perilaku positif yang ke-4 adalah sikap ikhlas dalam segala aspek kehidupan, tampa kita sadari atau menyadarinya langsung bahwa sholat mengajarkan kita untuk ikhlas

Contohnya seperti seseorang yang lelah bekerja seharian, peluh keringat, namun ketika ia mendengar kumandang azan, iya meninggalkan segala aktivitas dunia dan melupakan semuanya dengan demikian ini ia mengerjakan dengan tulus beribadah kepada allah, ikhlas dalam beribadah kepada allah, ia beribadah sholat tidak ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun, namun adalah murni untuk mencari keridhoan allah.swt

Jujur

Dan yang terakhir adalah sikap jujur, sholat 5 waktu mengajarkan kita untuk berlaku jujur,baik itu jujur dari hati, perkataan dan perbuatannya.

Sholat telah mengajarkan kita untuk menjadi lebih baik , baik itu tampa kita sadari atau menyadarinya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada allah,swt. Sampai jumpa lagi.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html