ASAL USUL WALISONGO

Kata walisongo berasal dari kata wali dan songo,kata wali berasal dari bahasa arab dan merupakan singkatan dari waliyullah yang diartikan”orang yang mencintai dan dicintai Allah”sedangkan kata songo berasal dari bahasa jawa yang diartikan sembilan. Walisongo adalah sembilan orang yang mencintai dan dicintai Allah.

  1. SYEKH MAULANA MALIK IBRAHIM

Syekh maulana ibrahim juga dipanggil dengan sebutan syekh maghribi, beliau mempunyai 2 orang putra yang yang bernama raden rahmat(sunan ampel) dan sayid ali murtadha atau raden santri.

Maulana malik ibrahim datang ke jawa pada tahun 1404M. Dan beliau wafat pada tahun 1410M,dan dimakamkan di gresik. Karena beliau adalah seorang wali yang menyebarkan agama islam yang gigih tanggung dan berani maka terdapat tulisan arab pada batu nisannya. Dan Allah juga memberikan kepada beliau rahmat dan keridhaannya serta dimasukkan dalam surga-NYA.

  1. SUNAN AMPEL

Raden rahmat adalah nama asli dari sunan ampel. Beliau tinggal di ampel sehingga beliau dipanggil dengan sebutan sunan ampel, beliau mendirikan pesantren diampel denta dengan kesibukannya dan berbagai aktivitas di pesantrennya, dan beliau tidak setuju dengan adanya adat istiadat orang jawa seperti kebiasaan sesaji dan selamatan.

  1. SUNAN GIRI

Raden paku adalah nama asli dari sunan giri dan beliau dijuluki dengan sebutan muhammad ainul yakin. Beliau putra dari maulana ishak dan putri dari dewi sekardadu. Raden paku dikenal dengan sebutan sunan giri karena beliau mendirikan pesantren didekat gunung yang bernama gunung giri.

  1. SUNAN BONANG

Sunan bonang atau dipanggil raden makdum ibrahim dan beliau adalah putra sunan ampel. Sunan bonang sangat besar peranannya dalam mendirikan kerajaan islam demak.

  1. SUNAN KALIJAGA

Raden said atau jaka said adalah nama panggilan beliau diwaktu kecilnya. Beliau adalah putra pengusaha di tuban,dan ayahnya bernama raden sahur temenggung wilatika(bupati tuban). Nama kalijaga berasal dari bahasa arab yaitu qadi zaka yang berarti pemimpin atau pelaksana dalam menegakkan kesucian.

sumber :