Asas Alih Tangan Khasus

            Yaitu asas bimbingan dan konseling yang menghendaki agar pihak-pihak yang tidak mampu menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling secara tepat dan tuntas atas suatu permasalahan peserta didi (konseli) mengalih tangankan permalahan itu kepada pihak yang lebih ahli.

Contoh :

            Ada seorang peserta didik/konseli yang mengalami stress garar tidak lulus sekolah,seorang konselor tidak dapat bertidak sendiri dalam konteks ini.seorang konselor haru melakukan kerjasama dengna pihak yang lebih kompeten dalam kasus ini.seperti membawa konseli tersebut pada seorang psikiater maupun dokter.

  1. Asas Tut Wuri Handayani

            Yaitu asas bimbingan dan konseling yang menghendaki agar pelayanan bimbingan dan konseling secara keseluruhan menciptakan suasana mengayomi, mengembangkan keteladanan dan memberikan rangsangan dan dorongan serta kesempatan yang seluas-luasnya kepada konseli untuk maju.

Contoh :

            Seorang konselor harus menjadi guru teladan,dan menyenangkan.agar peserta didik / konseli tidak takut menceritakan masalahnya kepada kita,dan mampu mengayomi peserta didik.

  1. JELASKAN DAN BERI CONTOHNYA, BIDANG BK !

JAWAB :

  1. Bidang bimbingan pribadi sosial.

Bimbingan pribadi sosial berarti Bimbingan dalam menghadapi keadaan batinnya sendiri dan mengatasi pergumpulan pergumpulan dalam di hatinya sendiri, dalam mengatur dirinya sendiri di bidang kerohanian, perawatan jasmani, pengisian waktu luang, penyaluran nafsu seksual, dan sebagainya serta bimbingan dalam di membina hubungan kemanusiaan dengan sesama di berbagai lingkungan.

Bidang ini dapat di rinci menjadi pokok-pokok berikut :

sumber :

https://al-ansaar.net/redbros-apk/