Begini Caranya Rawat Baterai Laptop

Begini Caranya Rawat Baterai Laptop

Begini Caranya Rawat Baterai Laptop

Begini Caranya Rawat Baterai Laptop
Begini Caranya Rawat Baterai Laptop

 

Bagai jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh

Baterai dapat dibilang merupakan salah satu bagian krusial dalam sebuah laptop. Tanpa adanya baterai, pastinya laptop tak dapat digunakan, bahkan tak dapat menyala dan tak berdaya.

Seperti kebanyakan perangkat elektronik lainnya,  keluhan mengenai baterai yang tak bekerja secara optimal memang sesuatu yang tak bisa dihindari. Meski begitu, ternyata ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, paling tidak, untuk memperpanjang umur si baterai lho. Penasaran ingin tahu? Perhatikan dan aplikasikan tips selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Hindari kondisi overheat

Terkadang kita memaksa laptop untuk membuka aplikasi-aplikasi berat seperti game atau mungkin editing software yang ternyata ‘memaksa’ sistem laptop bekerja dua kali lipat lebih keras dan  mengakibatkan perangkat yang jadi mudah panas. Tak hanya itu, ternyata meletakkan laptop di permukaan yang tak memiliki sirkulasi udara seperti kasur. Konsistensi kasur yang padat pun dapat menyumbat sirkulasi panas laptop yang dapat membuatnya overheat. Jangan biarkan persentase indikator daya baterai mencapai 0%

Biasakan untuk tidak memakai laptop hingga indikator baterai menunjukkan angka 0% karena hal tersebut dapat meningkatkan wear level dan mengurangi life cycle baterai.

 

Hindari juga overcharge

Tak hanya memakai baterai laptop hingga sehabis-habisnya saja yang salah, ternyata tak mencabut charger dari laptop padahal baterai sudah terisi penuh juga dapat mengurangi umur dan bahkan membuatnya panas lho.

 

Selalu isi daya dalam keadaan mati

Selalu biasakan untuk mematikan laptop ketika kamu hendak mengisi daya baterai laptop. Dengan begini, laptop akan terisi dayanya secara maksimal dan optimal. Meski sepele, cara ini ternyata terbukti dapat memperpanjang umur baterai laptop lho. 

Wah, ternyata tak sulit kan menjaga dan merawat baterai laptop?

 

Sumber : https://ngelag.com/