Buah-buahan

     hampir sama dengan sayur-sayuran, buah-buahan berfungsi untuk membentuk tulang gigi, komponen enzim-enzim, dan aktifitas persarafan serta menjaga agar tubuh tidak terserang penyakit. Buah-buahan ini mengandung vitamin dan mineral. Contohnya : pisang, pepaya, nanas, salak, mangga, jeruk, jambu, apel, rambutan dan lain-lain. Kandungan gizi pada buah iyalah mineral dan serat.

Fungsi dan manfaat buah-buahan iyalah :

  1. Fungsi buah-buahan iyalah : sebagai antidioksidan karena pada kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti buah kiwi dan jambu. Semakin gelap warnanya semakin besar perlindungan antidioksidan nya pada tubuh.
  1.   Manfaat buah iyalah :
  1. Untuk kesegaran tubuh
  2. Untuk melembabkan kulit pada tubuh
  3. Untuk mencegah penyakit yang masuk pada tubuh

Dan beberapa manfaat buah yang berwarna iyalah :

  1. Buah berwarna hijau, mengandung vitamin C, beta karoten, folat dan kalsium. Fungsinya menurunkan kolestrol, mendukung kesehatan mata, menormalkan waktu pencernaan, dan melawan radikal bebas.
  2. Buah berwarna kuning, mengandung beta karoten, kalium dan vitamin C. Fungsinya menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan metabolisme tubuh. Buah ini juga efektif melawan kanker.
  3. Buah berwarna ungu, buah ungu mengandung magnesium untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolestrol. Buah berwarna ungu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah peradangan.
  4. Buah berwarna merah, mengandung asam ellagic dan hesperidin yang berfungsi mencegah kanker serta menghambat radikal bebas.
  1. Susu

      Adalah pelengkap atau penyempurna dari daftar menu makanan 4 sehat Yang telah disebutkan di atas, sebagai penyempurna dalam melengkapi kebutuhan gizi. Susu wajib untuk anda masukan dalam daftar menu makanan anda sehari-hari. Gizi dalam susu iyalah kalsium, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, dan fosfor. Manfaat susu adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk otot
  2. Pertumbuhan tulang untuk bayi
  3. Mencegah osteoporosis pada orang dewasa
  4. Mengurangi resiko hipertesis
  5. Mengurangi resiko penyakit jantung
  6. Menghaluskan kulit
  7. Melancarkan pencernaan
  8. Mencegah kerusakan gigi
  9. Mencegah kanker usus

    Susu berasal dari sumber protein hewani, fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain dari protein hewani, juga ada susu dari protein nabati yakni susu kedelai. Jika anda mempunyai berat badan, dapat mengkonsumsi susu rendah lemak. Dan ada beberapa jenia susu yaitu :

  1. Susu almoud adalah susu yang cocok bagi seseorang yang alergi pada laktosa, laktosa yang berlebih dapat menyebabkan produksi gas dan diare.
  2. Susu kedelai adalah susu yang mengandung kandungan lemak jenuh yang sangat rendah. Susu ini dapat membantu program diet dan cocok di jadikan sebagai penganti susu sapi.
  3. Susu kambing adalah susu yang mengandung 170 kalori, 10 gram lemak dan 27 mg kolestrol. Susu ini memiliki anti alergi yang baik bagi tubuh.
  4. Susu sapi adalah susu yang memiliki kalori yang sangat banyak yakni 80-150 kalori. Bagi wanita susu sapi baik untuk menambah energi saat PMS juga dapat mengurangi stres di akhir hari.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/