Buruh Bakal Pusatkan May Day di Depan Gedung Sate

Buruh Bakal Pusatkan May Day di Depan Gedung Sate

Buruh Bakal Pusatkan May Day di Depan Gedung Sate

Buruh Bakal Pusatkan May Day di Depan Gedung Sate
Buruh Bakal Pusatkan May Day di Depan Gedung Sate

BANDUNG-Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia

(FSP LEM SPSI) Jawa Barat akan memusatkan kegiatan May Day di depan Gedung Sate Bandung.

Ketua DPD FSP LEM SPSI Provinsi Jawa Barat, Muhammad Sidarta mengatakan, selama ini FSP LEM SPSI Jawa Barat melaksanakan May Day di Jakarta bersama daerah lain secara nasional untuk memperjuangkan kebijakan nasional soal perburuhan agar melindungi kaum buruh dan seluruh rakyat.

“Tahun ini akan kami pusatkan di Jawa Barat,” katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (26/4/2017).

Pertimbangan melaksanakan May Day 2017 di depan gedung sate

, dikatakan Sidarta ada beberapa hal yang harus diperjuangkan oleh kaum buruh Jawa Barat, yaitu dengan berlakunya UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dimana pengawasan hubungan industrial yang selama ini dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sebagaimana ketentuan UU No 23/2014 tersebut sejak 1 Januari 2017 pengawasan hubungan industrial beralih ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tentu hal ini akan berimplikasi sangat luas terhadap penegakan hukum perburuhan yang selama ini dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota yang belum memuaskan terhadap pelanggaran norma hubungan kerja seperti PKWT, Outsourcing, PHK sepihak, Union busting, pelanggaran upah, pemagangan dan lain sebagainya dalam hubungan industrial.

“Dengan beralihnya fungsi pengawasan tersebut diharapkan kinerja

pengawas hubungan industrial Pemerintah Jawa Barat harus lebih baik dengan melibatkan serikat pekerja/serikat buruh di Jawa Barat,” tuturnya.

Selain di Jawa Barat, masa buruh yang memiliki anggota 150.000 lebih akan merayakan May Day 2017 di berbagai daerah.

“Keputusan ini diambil dalam rapat DPP FSP LEM SPSI yang dihadiri oleh DPD FSP LEM SPSI dan DPC FSP LEM SPSI dari berbagai daerah, Kamis 13 April 2017 di Jakarta,” pungkasnya. (MAT)

 

Baca Juga :