Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Hemat Biaya

Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Hemat Biaya

Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Hemat Biaya

Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Hemat Biaya
Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Hemat Biaya
Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal – Untuk Anda beberapa pengagum ikan tentu tahu pasti bagaimanakah enaknya ikan gabus waktu dikonsumsi. Bila sampai kini Anda cuma dapat membelinya di pasar , maka Anda sekarang akan dapat pula jual serta mengonsumsinya. Langkahnya yaitu dengan beternak ikan gabus di kolam terpal. Anda dapat memakai tempat kosong di sekitar rumah Anda yg tidak terpakai. Tak perlu keluarkan ongkos banyak untuk bikin kolam dari beton , lantaran Anda dapat bikin kolam ikan gabus dengan memakai terpal atau plastik mulsa.

Tips Langkah Dalam Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal

Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang mudah serta membuahkan sebetulnya tak susah , bila Anda tertarik , dapat lihat langkahnya di bawah ini.

Tentukan Indukan Jantan Serta Betina

budidaya ikan bawal – Langkah pertama yang dikerjakan untuk budidaya kolam terpal yaitu dengan pilih indukan jantan serta betina Yang baik serta umurnya sudah tua atau matang untuk di jadikan indukan , yakni dengan lihat penampilan ikan gabus dengan cara fisik. Mengenai tanda-tanda ikan gabus jantan yaitu mempunyai kepala berupa oval , warna badan gelap , bila di urut keluarkan cairan bening , serta lubang genital berwarna merah. Mengenai ciri fisik pada betinanya yaitu warna badan lebih jelas dengan kepala yang bulat serta perut jadi membesar. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang baik yaitu tentukan Induk yang baik , tentukan ikan gabus jantan yang beratnya sudah meraih 1 KG.

Pemijahan Untuk Mendapatkan Bibit

Bibit ikan gabus bakal dihasilkan bila pemijahan berjalan berhasil. Yang butuh disiapkan yaitu bak tempat persiapan dengan ukuran panjang 7 m x 4 m x 2 m. Lalu keringkan bak itu sepanjang 3 sampai 4 hari. Kemudian barulah bak beton itu berisi air sampai 50 cm. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal bakal sedikit susah waktu pemijahan , lantaran bakal tambah baik bila air dibiarkan mengalir , sedang memakai terpal cukup susah untuk mengalirkannya. Lalu tutupi kolam itu dengan memakai enceng gondok. Serta masukkan pejantan 30 serta betina 30 dalam bak itu , lantas bila telah bertelur , bawa dengan memakai skupnet yang halus serta telur juga siap menetas.

Penetasan Telur

Supaya proses penetasan dapat di kontrol dengan mudah , jadi baiknya proses dikerjakan dengan memakai akuarium agar selain mudah mengontrol kita dapat melihat dengan jelas perkembangan dikarenakan tarnparan media tempat penetasan tersebut.. Hingga bila cara budidaya kolam terpal yang Anda kerjakan , seharusnya Anda konsisten menyediakan akuarium untuk hasil paling baik.

Pemeliharaan Larva

Untuk pemeliharaan larva ikan gabus bisa diawali mulai sejak 2 hari sesudah menetas sampai ikan itu berumur 15 hari. Yangmasih tetap bayi ini dapat mesti di beri pakan , yakni nauplii Artemia. Untuk memperoleh pakan ikan gabus itu Anda dapat beli di toko ikan atau toko pakan ternak.
Setelah itu ikan telah siap untuk tempati kolam baru. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal tak perlu menanti untuk pengeringan sampai 1 minggu. Tetapi bila Anda memakai kolam beton , jadi Anda mesti menanti sampai 1 minggu baru bisa dipakai. Dememikian cara singkat yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang mencari cara budidaya ikan gabus di kolam terpal. Semoga sukses bro , , ,!!