Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kuliah

Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kuliah

Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kuliah

Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kuliah
Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kuliah

Baik Anda sendiri yang kuliah atau ingin membantu siswa favorit, mencari dan menemukan laptop terbaik untuk kuliah sepertinya bukan tugas yang mudah. Untungnya, ini adalah ujian open-book dan kami dapat membantu Anda menemukan jawabannya.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop baru untuk kuliah adalah bagaimana Anda akan menggunakannya sekarang dan pada masa mendatang. Dengan teknologi yang berkembang cepat sepanjang tahun, ada baiknya mempertimbangkan laptop yang dapat menangani aplikasi dan program baru. Ini disebut “mempersiapkan untuk masa depan” saat membeli atau membeli PC yang memiliki headroom untuk teknologi yang lebih canggih yang belum diperkenalkan.

Tanyakan ini pada diri Anda, jawabannya akan membantu mempersempit pilihan Anda.

  • Program atau aplikasi apa yang merupakan persyaratan untuk kelas Anda?
  • Apa bidang atau jurusan yang Anda minati?
  • Apakah Anda bermain video game atau Anda ingin mencoba game?
  • Apakah Anda menggunakan video untuk mengobrol dengan teman atau keluarga?
  • Apakah Anda senang membuat konten sendiri—video, podcast, dll.?

Pertama Pertimbangkan Performa

Cara Anda menggunakan laptop akan langsung memengaruhi seberapa besar performa yang Anda butuhkan. Menggunakan aplikasi berat seperti Adobe Premier Pro* atau bermain video game memerlukan banyak tenaga dari CPU. Namun, jika Anda atau siswa Anda pada masa mendatang akan menggunakan laptop untuk informasi yang lebih mendasar seperti pengolahan kata, mengunduh musik, dan memposting ke media sosial, CPU tercanggih mungkin tidak diperlukan.

Faktor Bentuk

Saat ini laptop sudah sangat berbeda dengan mesin besar dan tebal dalam dua dekade terakhir. Kenyataannya, desain laptop clamshell tradisional kini dilengkapi dengan berbagai jenis desain dan faktor bentuk.

Clamshell
Clamshell sebelumnya adalah satu-satunya pilihan desain untuk laptop, kini desain ini (laptop yang membuka dan menutup) masih menjadi pilihan populer. Namun, banyak clamshell menawarkan lebih banyak fitur, seperti layar sentuh, tampilan resolusi super tinggi, sasis yang terbuat dari bahan non-tradisional, dan peningkatan opsi konektivitas, seperti port Thunderbolt™ 3.

2 in 1
Laptop 2 in 1 menawarkan fleksibilitas tinggi tanpa kompromi. 2 in 1 menawarkan yang terbaik dari keduanya—performa PC dan kesenangan penggunaan tablet dalam satu perangkat ramping. Terdapat dua jenis laptop 2 in 1: Yang dapat dilepas dan konvertibel.

  • Konvertibel
    Keyboard tetap terpasang dan bisa diputar, dipuntir, atau dilipat.
    Balikkan untuk mode “tenda” atau “dudukan” aagar dapat berbagi atau menyajikan konten.
    Lipat separuh untuk mode “tablet”.
    Cocok untuk siswa yang berfokus pada produktivitas yang bekerja keras tetapi menginginkan fungsi tablet untuk hiburan.
  • Dapat dilepas
    Mendukung peralihan super cepat dari mode laptop ke tablet.
    Menawarkan pengalaman tablet sebenarnya saat keyboard dilepas.
    Sempurna bagi pengguna yang gemar menjelajahi web dan yang harus sering mengetik.

Saat berpikir tentang berbagai bentuk dan ukuran ini, pertimbangkan berat dan ketebalan laptop baru Anda. Perjalanan yang panjang melintasi kampus dapat dengan cepat menjadi tidak nyaman jika Anda membawa-bawa laptop yang berat. Untungnya, laptop yang ada saat ini hadir dalam berbagai ukuran dan berat. Yang membawa kita kepada pertimbangan berikutnya—layar laptop.

Ukuran Layar

Ukuran layar laptop akan langsung memengaruhi berat dan harganya. Laptop biasanya dikategorikan di toko dan online berdasarkan ukuran layarnya. Ukuran layar umum untuk laptop biasanya mulai 11 inci sampai 17 inci.

Sekali lagi, tanyakan kepada diri Anda di mana dan bagaimana Anda akan menggunakan laptop baru untuk membantu menentukan ukuran layar. Apakah salah satu kegiatan atau minat Anda mengharuskan Anda menggunakan monitor eksternal?

Model 11 hingga 13 inci
Jika mobilitas merupakan yang paling penting bagi Anda, pertimbangkan opsi ini:

  • Laptop kecil
  • Laptop ringan super tipis (kadang-kadang disebut sebagai Ultrabook)

Laptop kecil dengan layar 11 atau 13 inci adalah pilihan yang cocok jika Anda memiliki anggaran ketat, memerlukan portabilitas ekstrem, dan hanya perlu melakukan tugas-tugas dasar, seperti menjelajah web, email, dan pengolahan kata.

Model 17 inci
Jika performa adalah prioritas utama, atau Anda menginginkan laptop yang dapat menggantikan desktop, pilih laptop 17 inci. Model ini mungkin lebih berat daripada yang lain, tetapi benar-benar lengkap dalam kemasan yang ringkas. Laptop besar ini biasanya adalah yang terbaik untuk pemain game, pembuat konten, atau video editor yang membutuhkan banyak daya pemrosesan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang rumit. Layar besar ini dapat menghilangkan kebutuhan monitor eksternal.

Model 15 inci
Untuk keseimbangan yang baik antara mobilitas, performa, dan harga, simak beberapa model 15 inci. Banyak yang beratnya empat pound atau kurang dan sasarannya adalah konsumen umum, artinya Anda mungkin akan menemukan lebih banyak fitur yang Anda inginkan, seperti lebih banyak port, drive optik (DVD atau CD), dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Masa Pakai Baterai

Masa pakai baterai selalu menjadi perhatian utama ketika menyangkut pembelian laptop. Sayangnya, menetapkan masa pakai baterai laptop bukanlah tugas yang mudah bagi produsen. Berapa lama baterai laptop akan bertahan bergantung pada penggunaan PC Anda; sebaiknya lihat spesifikasi produsen sebagai panduan umum.

Umumnya, semakin besar ukuran layar laptop, atau semakin berat modelnya, semakin sedikit masa pakai baterainya. Laptop yang lebih kecil dan Ultrabook menggunakan prosesor bertegangan lebih rendah yang dirancang khusus untuk menawarkan masa pakai baterai lebih panjang. Masuk secara online ke situs web produsen untuk melihat masa pakai baterai, atau baca ulasan online. Biasanya, laptop berukuran sedang hingga yang lebih besar akan menawarkan daya tahan baterai antara 4 dan 6 jam, sementara model ultra-portabel bisa bertahan selama 10 jam.

Port/Konektivitas

Jangan mengabaikan pentingnya port dan cara untuk tersambung dengan berbagai periferal (kamera, telepon, dan perangkat lain) ke laptop. Meskipun banyak perangkat periferal dapat terhubung secara nirkabel, kadang-kadang Anda hanya membutuhkan port USB. Laptop dengan model yang lebih kecil dan tipis akan memiliki lebih sedikit port.

Port apa saja yang tersedia pada laptop?

  • Port USB—Sebagai port konektivitas yang paling banyak digunakan dan dikenal, port USB memungkinkan Anda terhubung ke berbagai perangkat, termasuk hard drive eksternal, kamera, keyboard, mouse, dan lainnya. Versi terbarunya adalah USB 3.1, yang menawarkan kecepatan transfer yang lebih tinggi, yaitu sebesar 10 Gbps.
  • Port Tthunderbolt™ 3—Thunderbolt™ 3 menyediakan koneksi dan laju transfer tercepat hingga saat ini, menawarkan kecepatan sebesar 40 Gbps (empat kali lebih cepat dibandingkan USB 3.1).
  • Port Ethernet—Port Ethernet memungkinkan Anda menghubungkan laptop langsung ke jaringan kabel. Banyak laptop tidak menyertakan port ini karena ketersediaan Wi-Fi. Namun jika Anda berada di suatu tempat di kampus dengan Wi-Fi buruk, gunakan port ini dan kabel Ethernet untuk online. Jika model favorit Anda tidak mempunyai port Ethernet, terdapat adaptor USB ke Ethernet.
  • HDMI/VGA/DVI—Jenis port ini memungkinkan Anda terhubung untuk menampilkan di layar lain, misalnya HDTV atau monitor eksternal.
  • Pembaca kartu SD—Juga dikenal sebagai pembaca kartu SDHC, slot ini digunakan untuk kartu memori kamera digital. Slot ini membuat transfer foto digital ke laptop Anda jadi cepat dan mudah.

Keyboard
Para pemain game dan penulis bukan hanya satu-satunya orang yang percaya keyboard laptop adalah fitur yang paling penting. Pikirkanlah, Anda akan menggunakan keyboard lebih sering daripada komponen lainnya dari laptop, jadi Anda mungkin ingin keyboard yang nyaman, mudah digunakan, dan memberikan kepuasan saat menekan tombolnya. Apakah Anda memerlukan atau memilih keyboard dengan lampu latar?

Juga, pertimbangkan penempatan tombol dan ukuran. Apakah Anda ingin pad 10 tombol? Apakah semua tombol berada di posisi standar yang Anda sukai? Pastikan untuk mencoba beragam keyboard. Buka pemroses kata dan mulai mengetik. Anda mungkin akan langsung mengetahui jika Anda tidak cocok dengan keyboard laptop tersebut.

Touchpad
Banyak orang tidak menggunakan mouse dan bergantung pada touchpad laptop untuk menyelesaikan berbagai hal. Touchpad yang nyaman dan mudah gunakan merupakan hal yang penting, terutama jika Anda sedang bepergian, atau bekerja di ruang sempit seperti kafe atau ruang kuliah. Pertimbangkan ukuran dan penempatan touchpad, apakah Anda memilih satu pad besar atau tombol klik kiri dan klik kanan tersendiri. Beberapa touchpad bahkan menyertakan pola dan tekstur untuk pengalaman sentuhan yang nyata.

Grafis
Sebagian besar model laptop didukung oleh CPU yang juga menyertakan chipset grafis terintegrasi pada perangkat. Ini berarti grafis sebenarnya tertanam di prosesor sehingga meniadakan perlunya kartu grafis terpisah. Teknologi grafis terintegrasi ini, seperti grafis Intel® HD atau Intel® Iris™ Plus, lebih kuat daripada sebelumnya, sehingga Anda dapat memainkan game populer, mendukung hingga tiga tampilan terpisah, dan streaming hingga 1080p.

Namun, jika Anda adalah pemain game atau pembuat film, Anda pasti ingin mencari grafis atau GPU khusus. Grafis khusus lebih kuat daripada grafis terintegrasi tetapi juga lebih mahal ketika menyangkut harga laptop.

RAM
Anda akan mendengar istilah ini disebut berkali-kali saat membeli laptop untuk kuliah. Random Access Memory (Memori Akses Acak) atau RAM. RAM menyimpan data yang baru saja dipakai untuk sementara agar dapat diakses dengan cepat nanti. Anggap ini sebagai info yang paling Anda pahami dan sering digunakan yang dapat diakses otak dengan cepat. Semakin besar RAM yang tersedia, komputer akan semakin cepat. Pertimbangkan RAM 8 GB hingga 16 GB untuk laptop Anda.

Penyimpanan
Gambar, video, dan data lain yang ingin Anda simpan dalam waktu lama disimpan di “memori jangka panjang” laptop. Data yang mungkin tidak sering digunakan, tetapi sangat penting untuk disimpan dan digunakan bila diperlukan.

Data ini dapat disimpan pada HDD (hard disk drive), SSD (solid-state drive), atau bahkan versi hibrida dari keduanya. SSD umumnya memberikan akses ke data dan waktu pengaktifan yang lebih cepat, serta sangat tahan lama dan andal karena tidak memiliki komponen bergerak.

Keputusan Akhir
Kelihatannya banyak yang perlu diingat, tetapi menemukan laptop yang sempurna dapat membuat Anda sukses dalam kuliah. Buat daftar periksa menggunakan fitur-fitur dalam artikel ini, dan fokus pada apa yang paling Anda butuhkan dari laptop untuk kuliah dari segi ukuran, berat, daya pemrosesan, dan penyimpanan.

Aturan Umum

Gunakan spesifikasi ini sebagai titik awal dalam pencarian Anda.

Fitur laptopOpsi terbaik untuk sebagian besar siswa
CPUProsesor Intel® Core™ i5 untuk performa yang kuat
HDD1 TB
SSD128 GB
RAM8 GB
Ukuran layarLayar sentuh 15 inci
PortPort Thunderbolt™ 3 atau USB 3.1

Port HDMI/DVI/VGA

Port pembaca kartu SD

Masa pakai bateraiHingga enam jam
Sistem operasiWindows® 10

Sumber: https://www.ram.co.id/