cara menghilangkan safe mode

CARA MENGHILANGKAN TULISAN “SAFE MODE” ATAU “MODE AMAN”

cara menghilangkan safe mode

CARA MENGHILANGKAN TULISAN “SAFE MODE” ATAU “MODE AMAN” di HP SAMSUNG

Apabila ada aplikasi atau beberapa aplikasi dari pihak ketiga yang mengalami korup data  atau menyebabkan beberapa aplikasi tidak berfungsi itu bisa menyebabkan munculnya tulisan dibagian bawah layar HP bertuliskan “Mode aman” atau “Safe mode”. Hal ini tentunya sangat membuat kita tidak nyaman dalam melakukan pengoperasian aplikasi android pada smartphone kita. Karena jika hal itu terjadi maka, ada beberapa aplikasi yang pernah kita unduh dari google playstore itu tidak akan tampil, kecuali aplikasi bawaan pada smartphone yang kita miliki. Sebenarnya mode aman atau safe mode itu bisa saja kita perlukan jika kita ingin mengecek kendala pada smartphone yang kita miliki, misalnya sering munculnya berbagai bentuk peringatan “hp anda terdeteksi virus segera lakukan pembersihan”. Nah informasi tersebut sebenarnya adalah bagian dari iklan yang berasal dari sebuah aplikasi yang pernah kita unduh. Jika sudah seperti itu silahkan lakukan safe mode beberapa jam untuk memastikan apakah benar ini informasi dari bawaan smartphone atau memang dari aplikasi lain. Karena safe mode akan menghilangkan segala kegiatan aplikasi pihak ketiga. Tetapi jika tiba-tiba langsung muncul tulisan safe mode pada perangkat smartphone yang anda miliki, maka kemungkinan ada beberapa data aplikasi yang korup. Seperti yang dijelaskan diatas tadi. Jika sudah seperti itu silahkan nonaktifkan safe mode atau mode aman nya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan tulisan safe mode yang terjadi pada perangkat hp Samsung anda.

1.Mulai ulang perangkat (restart)

Ketika tiba-tiba anda mendapatakan tulisan safe mode atau mode aman pada perangkat Samsung di pojok kiri bawah maka bisa lakukan restart. Caranya:

Tekan tombol power dan ketuk pada tulisan “mulai ulang” / “restart”. Tunggu hingga smartphone anda dalam keadaan mati dan hidup kembali sampai masuk kebagian menu beranda. Cara ini pernah saya coba pada Samsung type A3, A5, E5 dan E7 atau beberapa hp Samsung yang sifat batrai nya batrai tanam (non removable battery). Lihat apakah dibagian kiri bawah masih terdapat tulisan safe mode atau tidak? Jika masih berarti lakukan langkah kedua.

2. Mulai ulang (restart) + tekan tombol volume turun

Cara ini biasanya dapat dilakukan pada smartphone Samsung berbasis android jellybeen dan kitkat. Coba Lakukan

  • restart (mulai ulang) pada smartphone, tunggu hingga layar menjadi gelap.
  • Ketika layar mulai terang dan menunjukan logo Samsung maka, tekan tombol “volume turun” (jangan dilepas) ditahan sampai layar muncul ketampilan beranda. Jika sudah selesai proses restart nya dan sudah muncul pada layar hp dibagian beranda menu, anda sudah boleh melepas tombol volume turun pada perangkat.

    3. Lakukan restart pada perangkat dan ketuk berkali kali pada tombol screen menu.

Untuk cara ketiga ini biasanya bisa dilakukan pada type Samsung lama. Seperti Samsung galaxy ace. Caranya pun masih tetap sama. Restart hp Samsung anda kemudian jika sudah muncul tulisan Samsung galaxy ace / Samsung galaxy, ketuk terus screen menu yang ada dibagian bawah kiri disamping tombol home. ketuk berkali kali terus menerus sampai masuk ke menu beranda.

4. Hapus aplikasi yang terakhir di download

Jika beberapa langkah diatas masih mengalami kendala muncul tulisan safe mode yang tidak hilang coba untuk cara ke 4 ini. Biasanya muncul tulisan safe mode atau mode aman bisa saja terjadi pada aplikasi yang terakhir kali di download atau baru baru ini di download. Maka dari itu hapuslah beberapa aplikasi yang pernah anda download sebelumnya atau aplikasi terakhir yang di download. Caranya bisa masuk ke menu

  • pengaturan” (setting) pada perangkat anda
  • pilih “manajer aplikasi” (aplication manager) alihkan ke tab “Unduhan” (download)
  • Ketuk aplikasi yang ingin anda hapus, kemudian ketuk “copot ulang” (uninstal). Ulangi untuk tiap aplikasi yang pernah anda pasang terakhir kali atau baru-baru ini.
  • Mulai ulang perangkat(restart).
  •   5.  Cabut batrai

Matikan perangkat hp anda. Lalu keluarkan batrai pada perangkat smartphone anda. Lepaskan dan diamkan selama beberapa menit agar kapasitor di hp benar benar terhenti aliran dayanya. Masukan kembali batrai nya, kemudian nyalahkan perangkat smartphone anda.

Note: ntuk cara ke 5 ini bisa dilakukan dengan beberapa type handphone Samsung yang bisa cabut batrai saja ya. Untuk type yang nonremovable battery bisa coba lakukan cara terakhir dibawah ini ya.

6. Reset data factory (reset data pabrik)

Ini adalah cara terakhir, mengapa menjadi cara terkahir? Karena untuk “reset data factory” atau “reset data pabrik” akan ada beberapa resiko. Yaitu kehilangan data file dan aplikasi yang pernah diunduh dari google play store. Jika tidak ingin data file hilang, sangat disarankan sekali untuk  backup atau cadangakan perangkat anda. Anda bisa melakukan perpindahan data file penting ke leptop atau pc . jika sudah dicadangkan maka anda bisa lakukan reset data factory (reset data pabrik).

  • Menu “pengaturan” (setting)
  • Cadangkan dan reset(backup and reset)
  • Pilih “reset data pabrik” (factory data reset), kemudian tunggulah hingga beberapa proses penyetalan data pabrik ini selesai.

Note: jika ada konfirmasi pin ketika anda ketuk “reset data pabrik” maka masukan pin yang pernah anda buat untuk membuka layar.

    

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan tulisan safe mode atau mode aman pada perangkat hp Samsung anda. Semoga cara tersebut bisa terselesaikan yah tanpa harus hard reset yang mengharuskan anda masuk kedalam recovery mode. Jika memang sampai dengan cara reset data factory belum bisa juga, saya sarankan untuk datang ke Samsung service center terdekat yah agar ditindaklanjuti oleh teknisi nya. Terima kasih jangan lupa like and share yah ^_^


POS-POS TERBARU