Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar
Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Tidak sedikit para penghobi kura-kura di Indonesia yang memilih RES sebagai binatang peliharaannya. Selain harga yang dibanderol cukup murah, kura-kura ini juga terbilang cukup mudah dirawat. Anda hanya perlu memperhatikan kualitas air sebagai media tinggal si kura-kura. Karena merupakan binatang omnivora, ada banyak pilihan pakan yang bisa diberikan kepada kura-kura brazil ini. Di bawah ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memelihara kura-kura brazil bagi pemula!

Kontrol Kebersihan dan Penggantian Air

Sama menyerupai pada dikala merawat ikan hias, kondisi air besar lengan berkuasa besar terhadap kesehatan kura-kura. Disarankan gantilah air di dalam tangki setiap hari. Jika tidak mau repot, Anda bisa memasang perangkat filtrasi yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran terlarut di dalam air. Meskipun begitu Anda tetap harus mengganti air bak setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kadar mineral dalam air yang diperlukan oleh kura-kura.

Macam-macam Makanan

ikan cupang – Ingat, RES yakni hewan omnivora alias pemakan segala. Namun ketika masih kecil RES cenderung menyukai daging. Sebaliknya RES besar justru lebih senang memakan sayur-sayuran. Beberapa makanan yang bisa diberikan kepada kura-kura brazil yaitu pelet, udang kupas, jangkrik, cacing, jentik nyamuk, ulat sutera, kuning telur, cumi-cumi, pepaya, semangka, apel, leci, pisang, kol, sawi, kangkung, nasi, dan selada. Hindari memberi pakan berupa daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, dan bayam.

Pencucian Karapas

Apabila tidak dibersihkan, karapas kura-kura akan ditumbuhi lumut sehingga dapat menjadikan banyak sekali problem hama dan penyakit. Untuk mencuci karapas RES, Anda bisa memakai sikat gigi dan odol. Pilihlah odol yang mengandung kalsium dan floride untuk meningkatkan kekuatan karapas tersebut sekaligus mencerahkan warnanya. Proses pencucian karapas ini sama menyerupai dikala kita menggosok gigi. Gosokkan sikat ke seluruh badan kura-kura, kecuali adegan matanya. Setelah itu, bilas hingga bersih. Biarkan kura-kura berjemur sebentar sebelum dimasukkan kembali ke wadah pemeliharaan.