MANFAAT DAN KHASIAT MADU UNTUK KESEHATAN TUBUH

   DairyPak Champion-Evolusi dari Strategi “Tuai”

            DairyPak memulai operasinya di Cleveland, Ohio dengan 12 karyawan di bulan Desember 1947 sebagai salah satu pemegang lisensi asli dari teknologi Pure-Pak. Pada tahun 1950 DairyPak mengirimkan 540 juta karton- bernilai lebih dari $5 juta- dan perusahaan memerlukan pabrik lain untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Ekspansi meliputi pabrik konversi yang dibangun di Athens, Georgia di tahun 1951; di Clinton, Lowa di tahun 1952; Fort Worth, Texas di tahun 1954; dan Morristown, New Jersey di tahun 1958. Lima pabrik konversi yang serupa ini tetap utuh di tahun 1988 sebagai converter dari karton susu dan jus Champion.

            Sejak awal tahun 1960-an sampai tahun 1988, Champion telah memproduksi sekitar 250.000 ton karton berlapis polyethylene per tahunnya. Sampai tahun 1980, hamper semua dari jumlah ton tersebut dikonversi oleh kelima pabrik DairyPak dan dijual ke perusahaan susu. Tujuan utama dari Champion adalah sebagai produsen berbiaya rendah di pasar komoditas.

            Intrusi dari wadah plastic di tahun 1960-an secara dramatis memengaruhi industry karton kertas dan perspektif Champion atas DairyPak. Champion menonton untuk melihat ke mana arah industry perusahaan susu. Studi konsultasi oleh Booz, Allen Hamilton di tahun 1968 yang beredar di seluruh industry tersebut menyarankan bahwa pada pertengahan tahun 1980-an tidak ada satu karton pun yang akan terjual. Reaksi Champion adalah untuk melihat dan menunggu. Sementara Champion melihat dan menunggu, karton kertas tidak mati, tetapi infrastruktur Champion mulai menjadi tua dan ketinggalan zaman secara teknologi. Faktanya, sejak satu mesin baru untuk memproduksi karton kertas mentah telah dibangun di tahun 1965, hanya sedikit perbaikan modal yang diterapkan atau dipertimbangkan sampai musim panas tahun 1988. Dari 33 mesin konversi Champion, 29 dipasang sebelum tahun 1963.

Situasi pada Tahun 1988

            Pada awal tahun 1980-an, ledakan pasar jus menciptakan kesempatan baru karton Pure-Pak- kesempatan untuk mana Champion tidak siap.

            Table 3 menunjukkan perubahan pasar untuk Champion. Data-data ini dengan jelas mengindikasikan bahwa Champion telah dengan berhasil mempertahankan pangsa pasar di segmen yang semakin menurun ini sementara kehilangan hampir dari separuh pangsanya di segmen yang berkembang paling pesat.