Definisi dan Pengeretian Kurikulum

 Definisi dan Pengeretian Kurikulum

 Definisi dan Pengeretian Kurikulum

Istilah kurikulum (curriculum) berasal dari kata curir (pelari) dan curere (tempat berpacu), dan pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga. Pada saat itu kurikuilum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali/penghargaan. Kemudian, pengertian tersebut diterapkan dalam dunia pendidkan menjadi sejumlah mata pelajaran (subject) yang harus ditempuh oleh seorang siswaa dari awal samapai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.

Berdasarkan pengertian diatas, dalam kurikulum terkandung dua hal pokok, yaitu:

  1. Adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa,
  2. Adanya tujuan utama, yaitu untuk memperoleh ijazah.

Dengan demkian, implikasinya terhadap praktik pengajaran, yaitu setiap sswa harus menguasai seluruh ata pelajaran yang diberikan dan menempatkan guru dalam posisi yang sangat penting dan menentukan. Keberhasilan siswa ditentukan oleh seberapa jauh mata pelajaran terssebut dikuasainya dan biasanya disimbolkan dengan beberapa skor yang diperoleh setelah mengkuti suatu tes atau ujian.

Pengertian kurikulum seperti disebutkan diatas dianggap terlalu sempit atau sangat sederhana, sehingga perlu dipelajari pula buku-buku dan literature-literatur lainnya tentang kurikulum terutama yang berkembang di negara-negara maju, maka akan ditemukan banyak pengerrtian yang lebih luas dan beragam. Istilah kurikulu pada dasarnya tidak hanya terbatas pada sejulah mata pelajaran saja, tetapi mencakup semua pengalaman belajar (learning experiences) yang dialami siswa dan mempengaruhi perkembangan pribadinya.

Pengertian kurikulum senantiasa berkembang terus sejalan dengan perkembangan teori  dan praktek pendidikan. Dengan beragamnya pendapat mengenai pengertian kurikulum, maka secara teoritis akan agak sulit untuk menentukan satu pengertian yang dapat merangkum semua pendapat.

sumber :
https://ijateng.id/seva-mobil-bekas/