Edisi Teks dan Kajiaan Teks

Edisi Teks dan Kajiaan Teks

Edisi Teks dan Kajiaan Teks

Unsur-unsur penelitian filologi yang paling penting yaitu meliputi pendahuluan, deskripsi naskah, penjelasan: kandungan teks dan simpulan atau saran. Adapun unsur metodologi merupakan bagian yang memunginkan dikembangkan penelitian filologi dengasaann berbagai disiplin ilmu, dapat berupa bidang kebhasaan, kesusastraan, serta dengan ilmu yang lain.

Kajian terhadap teks terbuka kemungkinan untuk mempergunakan berbagai pendekatan literer, kebahasaan, dan pendekatan multidisipliner. yang dapat di pakai (disesuaikan dengan keadaan, bentuk dan isi teks), adalah pendekatan strukturalmimitik, pragmatik, ekspresif, reseptif, fungsional, intertektualsemiotik, dekonstruktif, hermenetik. Dapat pula dilakukan dengan gabungan antara pendekatan literer dan kebahasaan. Misal: fungsi poetik bahasa Roman jakobson, lapis-lapis makna Roman ingarden, dan berbagai pendekatan semiotik.

Teks, Pembaca, dan Interaksi Antar Kadua

Penelitian filologi tidak cukup jika si peneliti hanya berbekal ilmu filologi saja, karena jika teks telah di garap secara filologis, teks itu perlu dicari manfaatnya, manfaat suatu teks dpat diketahui setelah teks itu dapat dipahami isinya. Sedangkan untuk memahami isi suatu teks, tidaklah cukup hanya mengkaji secara trinsik makna teks, apalagi jika teks itu berupa teks sastra. Apa yang membedakan bahasa pada karya sastra dengan bahasa dalam komunikasi adalah “kualitas yang dibangunya”.

Fungsi Pembaca Teksdu

Menurut Wilfgang iser (1980: ix), teks sastra akan menghasilkan sebuah tangapan apabila teks itu dibaca,  dalam hal ini, pembaca terhadap teks menjdi suatu yang amat penting. Efek-efek dan tangapan-tangapan bukanlah milik teks maupun pembaca, tetapi teks mempresentasikan sebuah efek potensial yang terealisasikan dalam proses pembacaan.

sumber :

Death Shooter 4 : Mission Impossible 1.0.0 Apk for android