Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Sebagai ciri dilakukannya belajar adalah perubahan, baik perubahan dalam pengetahuan, kecakapan maupun tingkah laku menuju tercapainya tujuan pendidikan yang dicita-citakan bersama. Dalam proses kegiatan belajar mengajar baik guru maupun murid menginginkan hasil yang baik atau prestasi yang baik pula.

Adanya pengaruh dari diri siswa merupakan hal yang wajar dan logis. Sebab hakekat belajar adalah perubahan tingkah laku individu yang diniati dan disadarinya. Oleh karena itu siswa harus merasakan adanya suatu kebutuhan untuk belajar dan berprestasi, dengan berusaha mengerahkan segala daya upaya untuk dapat mencapainya.

Sebagaimana dijelaskan di atas, perubahan prestasi belajar yang dicapai seorang individu memang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor, dan pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar penting sekali artinya dalam rangka membantu murid mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada garis besarnya yaitu:

a. Faktor intern

Yang dimaksud dengan faktor intern di sini adalah semua faktor yang ada pada diri pribadi siswa, baik yang berhubungan dengan jasmani maupun rohaninya atau lebih dikenal dengan sebutan fisik dan psikis. Aspek psikis antara lain adalah IQ, pembawaan, keadaan emosi, kemauan, daya fantasi logika. Sedangkan aspek fisik antara lain, keadaan alat indera, keadaan kesehatan, jasmani, keadaan anggota tubuh.
Demikianlah faktor intern yang mempengaruhi prestasi belajar dengan berbagai aspeknya. Hal ini perlu mendapatkan banyak perhatian bagi setiap pendidik maupun orang tua murid agar faktor yang satu dengan faktor yang lain dapat saling mempengaruhi proses belajar.

b. Faktor ekstern

Di samping faktor intern sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, faktor yang lain yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor ekstern. Faktor ini berupa keadaan atau kondisi dan situasi yang terdapat di luar pribadi siswa.

Adapun faktor ini terdiri dari faktor lingkungan sekolah, dan keadaan lingkungan masyarakat. Keberhasilan anak dalam kegiatan belajar juga banyak dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekolah itu sendiri. Begitu juga dengan keadaan lingkungan masyarakat. lingkungan masyarakat yang berpengetahuan cukup baik, akan berpengaruh terhadap dirinya dalam proses perkembangan pengetahuannya. Sedangkan corak pendidikan yang dialami oleh seorang anak dalam masyarakat berpengaruh sekali dalam segala bidang, baik pembentukan pengertian maupun pembentukan kesusilaan. Demikianlah faktor ekstern dengan berbagai aspeknya yang ikut berperan dalam proses belajar, dan berdampak pada tinggi rendahnya prestasi belajar siswa.

Berdasarkan dari uraian di atas, dapat memberi pengertian pada kita bahwa dalam melaksanakan pendidikan harus memperhatikan kondisi fisik, kondisi psikis dan faktor yang dapat mendukung/membuat keberhasilan dalam belajar. Meskipun faktor-faktor tersebut saling berinteraksi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai prestasi belajar.

Baca juga: