Table of Contents

  fungsi Hukum Pajak

Hukum pajak memiliki berbagai fungsi yang mendasar pada asas-asas yang bertujuan utama mensejahterakan penduduknya. Fungsi-fungsi tersebut adalah:

  • Dalam hukum pajak yaitu sebagai acuan dalam menciptakan sistem pemungutan pajak yang harus memenuhi syarat keadilan, efisien, dan sederhana sejelas-jelasnya dalam undang-undang hukum pajak itu sendiri.
  • Sebagai sumber yang menerangkan tentang mana dan siapa subjek maupun objek yang perlu dan tidak perlu dijadikan sumber pemungutan pajak yang berfungsi untuk meningkatkan potensi pajak di negara tersebut.
  • Sebagai acuan dalam pembagian beban pajak kepada rakyat yang didasarkan pada kepentingan masing-masing orang.
  • Sebagai penjelas tentang penggunaan/ pemanfaatan dari hasil pemungutan pajak, baik dalam memenuhi anggaran APBN serta APBD maupun memenuhi target perolehan pajak yang akan digunakan untuk kepentingan sosial dan kesejahteraan umum.
  • Menetapkan kepastian yang berupa sanksi administrasi maupun sanksi tata usaha, maupun sanksi pidana berupa penjara ataupun kurungan. Adapun sanksi administrasi berupa:
  1. Denda

Sanksi administrasi yang dikenakan terhadap pelanggaran yang berkaitan dengan kewajiban pelaporan berupa denda berupa uang atau harta yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

  1. Bunga

Sanksi administrasi yang dikenakan terhadap pelanggaran yang berkaitan dengan kewajiban pembayaran/ penyetoran pajak, yang terdiri dari bunga pembayaran, bunga ketetapan, dan bunga penagihan.

  1. Kenaikan

Sanksi administrasi yang beurpa kenaikan jumlah pajak yang harus dibayar, terhadap pelanggaran berkaitan dengan kewajiban yang diatur dalam ketentuan material.

  • Penetapan hak dan kewajiban bagi seorang fiskus maupun wajib pajak. Hak dan kewajiban wajib pajak.
  • Menghindari timbulnya hambatan-hambatan atau perlawanan dari pembayar pajak yang dapat merugikan negara (pemerintah).
  • Sebagai acuan dalam pemungutan pajak sehingga tidak menganggu kegiatan atau kelancaran perekonomian dalam segala bidang.
  • Sebagai sumber bahan pertimbangan dalam menerapkan kebijakan-kebijakan pajak yang dapat digunakan sebagai alat pengatur keadaan sosial maupun ekonomi serta untuk mencapai tujuan berlainan.

sumber :

https://poekickstarter.com/love-you-to-bits-apk/