Hal Yang Dilakukan Rasulullah Saw Ketika Menjelang Tidur

Hal Yang Dilakukan Rasulullah Saw Ketika Menjelang Tidur

Hal Yang Dilakukan Rasulullah Saw Ketika Menjelang Tidur

Hal Yang Dilakukan Rasulullah Saw Ketika Menjelang Tidur
Hal Yang Dilakukan Rasulullah Saw Ketika Menjelang Tidur

Rasulullah SAW Berdoa Menjelang Tidur

Ini merupakan satu rangkaian dengan poin sebelumnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam setiap geraknya, Rasulullah Saw. selalu memulai dengan doa yang menandakan kedekatan dan kepasrahan hati beliau kepada Allah Swt., begitu juga menjelang tidur, berikut doa sebelum tidur yang biasa dilafalkan oleh Rasulullah Saw. :

Doa Sebelum Tidur

BISMIKALLAAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUTU
“Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”
(HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu juga kita dianjurkan untuk selalu berdoa saat terbangun. Saat bangun pada sepertiga malam untuk melaksanakan shalat malam, Rasulullah Saw. terbiasa melafalkan doa berikut:

Doa Bangun Tidur Pertama

ALHAMDULILLAAHI ALLADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR
“Segala puji bagi Allah. Dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan dengan menyebut-Mu aku mati. Kepada-Nya-lah kami akan kembali.” (HR. Bukhari).

Atau, dengan lafal lain yang biasa juga dibaca oleh Rasulullah Saw. Maka, tugas kita memilih untuk berdoa dari salah satu doa ini, atau kita membaca keduanya, yang jelas membaca yang mana pun akan lebih baik daripada tidak membaca doa sama sekali. Berikut doa lain setelah kita bangun tidur:

Doa Bangun Tidur Kedua

LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHUU LAHUL MULKU WA LAHUL AMDU WA HUWA ‘ALAA KULI SYAI-IN ADIIR. SUBHAANALLAAHI WAL AMDULILLAAHI WA LAA ILAAHA 1ALLAAHU WALLAAHU AKBAR. WA LAA [AWLA WA LAA QUWWATA ILLAA TT T A AHTT ‘ALIYYEL’ ADZIIMIRABBIGHFIRLII.

Tiada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa; tiada kutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerayaan dan pujian. Ha-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, laba Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada uhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang laba Tinggi dan Maha Agung. Ya Tuhanku, mpunilah dosaku.” (HR. Imam Bukhari).

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Rasulullah merupakan sosok yang harus menjadi idaman dan panutan kita dalam segala hal, termasuk cara beliau yang selalu disandarkan dengan doa kepada Allah . Artinya, Rasulullah Saw. ingin menegaskan bahwa dalam keadaan tidur pun, hubungan ruhani kita jangan terlepas dari-Nya. Sebab, hal itu merupakan garansi kebahagiaan kita hidup di dunia dan akhirat.

Sementara itu, dari sisi kesehatan, doa memiliki dampak yang luar biasa. Bagi orang yang selalu berdoa dalam segala halnya, akan mendapatkan hati yang selalu damai dan tenang, serta menyebabkan tidurnya nikmat yang tidak terhingga. Sehingga, kita mendapatkan kesehatan yang luar biasa.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/niat-sholat-fardhu/