Hari Ini, PPDB SMP Dibuka

Hari Ini, PPDB SMP Dibuka

Hari Ini, PPDB SMP Dibuka

Hari Ini, PPDB SMP Dibuka
Hari Ini, PPDB SMP Dibuka

Hari ini pendaftaran masuk ke SMP negeri melalui sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru

(PPDB) di Kota Bogor dibuka. Hal ini merujuk kalender pendidikan yang sudah dijadwalkan. Kepala Subbagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Jajang Koswara, menjelaskan, pendaftaran PPDB Online nonakademik dimulai sejak Rabu hingga Sabtu (22-24/5) dan dibuka serentak.

“Untuk pendaftaran masuk ke SMP negeri nonakademik ini meliputi pendaftaran melalui jalur prestasi

(japres), baik olahraga maupun seni. Dari jalur prestasi yang diajukan, yang harus menjadi perhatian khusus selain prestasi yang harus luar biasa juga Zona, di mana sekolah yang dituju harus sesuai zonasi siswa berdomisili,” terangnya.

Selain japres, sambung Jajang, ada juga jalur kepindahan tugas orang tua, jalur siswa tidak mampu, jalur siswa berkebutuhan khusus serta ada juga jalur prestasi khusus bagi pendaftar dari luar Kota Bogor. Pada 25, 26 dan 27 Mei 2019, pendaftar yang menggunakan jalur nonakademik ini akan diseleksi sesuai japres yang diajukan. Lalu, panitia PPDB akan melakukan survei ke lapangan, di mana pihaknya akan mendatangi rumah calon siswa yang masuk ke SMP negeri dengan jalur siswa miskin atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

“Kami akan menyeleksi ketat calon siswa yang mendaftarkan diri dengan jalur prestasi maupun jalur nonakademik

lainnya. Jika mendaftar dengan jalur prestasi, kita akan uji sesuai prestasi yang diraihnya. Bagi siswa yang menggunakan jalur SKTM, kita akan mendatangi rumah calon siswa tersebut dengan didampingi ketua RT, RW dan lurah setempat. Apakah benar siswa tersebut berkategori tidak mampu,” papar Jajang

 

Baca Juga :