Inilah Manfaat Silika Gel Yang Belum Kamu Ketahui

Inilah Manfaat Silika Gel Yang Belum Kamu KetahuiInilah Manfaat Silika Gel Yang Belum Kamu Ketahui

Pasti kamu tak asing lagi dengan silica gel yang terbungkus dalam kertas kecil persegi panjang berwarna putih, layaknya teh celup. Disetiap kardus belanjaan. Pihak produsen menyertakan bungkusan gel warna-warni ini dalam kardus sebagai bahan perawatan barang yang dibeli. Namun banyak orang yang tidak mengerti kegunaan bungkusan gel ini, dan justru menganggapnya remeh. Apa Itu Silika Gel..?.

Inilah Manfaat Silika Gel Yang Belum Kamu Ketahui

silika Gel adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun dinamakan gel silika, bentuknya adalah padat. Silika gel adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa Manfaat Silika Gel.

Membuat Barang Tidak Cepat Berkarat

Kamu penggemar otomotif? Atau suka otak-atik listrik? Atau gemar memperbaiki bangunan rumah? Pasti kamu punya seperangkat alat-alat tukang seperti obeng, tang, bor, gergaji yang sebagian besar berbahan besi. Nah agar alat-alat ini lebih awet, sertakan beberapa bungkus silica gel di dalam kotak penyimpanan. Silica gel mampu menyerap air dan mengurangi kelembaban. Hal ini menguntungkan karena bisa bikin alat-alatmu terhindar dari proses oksidasi yang bikin karatan. Jadi, barangmu tak cepat rusak dan tetap berfungsi optimal tanpa takut berkarat.

Agar biji-bijian yang disimpan tidak berkecambah
Selipkan saja silica gel di dalamnya. Silika gel untuk menyimpan bibit. Kamu sering sebal ketika bibit atau biji yang kamu jadikan sebagai hiasan atau hanya sebagai simpanan untuk penelitian tiba-tiba berkecambah dan tumbuh calon batang? Hal ini terjadi karena kelembaban tinggi atau banyaknya kandungan air di sekitar biji. Nah, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah. Selipkan saja bungkusan silica gel di dalamnya. Silica gel ini akan menyerap air dalam atmosfer sehingga kelembaban di sekitar biji berkurang. Jadi gak heran, kondisi jadi makin kering lantas bijimu bisa lebih tahan lama tanpa takut berkecambah.

Membuat Album Foto Awet
Cara mudah agar album foto kenangan tetap terjaga sampai kamu tua adalah menyelipkan silica gel di dalamnya. Tak hanya menyimpan foto dalam bentuk file data saja, kamu juga harus menyimpannya dalam album foto agar tak hilang karena virus. Namun, banyak orang mengalami masalah foto cetak yang mudah rusak saat disimpan dalam album kenangan. Agar hal ini tak terulang, kamu bisa gunakan silica gel sebagai senjatanya.

Kamu bisa selipkan bungkusan silica gel di setiap halaman. Atau pilihlah silica gel yang berukuran kecil, lalu masukkan ke dalam plastik foto. Silica gel ini ampuh dalam menyerap uap air dalam album foto. Jadi kondisi kering tercipta, dan foto kenangan makin awet dan bebas jamuran. Gak heran, anak cucumu nanti masih bisa menyaksikannya dengan jelas.

Membuat Barang Tidak Berjamur
Punya buku langka adalah keberuntungan bagi kamu para pecinta buku. Meski buku terlihat tua dan lusuh, kamu tetap merasa senang memilikinya. Alih-alih menyimpannya bertahun-tahun, hal ini justru bikin bukumu cepat jamuran. Agar koleksimu itu tak cepat rusak, kamu harus menjaganya dengan perawatan khusus.

Caranya mudah kok, taruh saja satu bungkus silica gel sekitar tumpukan buku atau di dalam lemari penyimpanan. Dengan begitu, jamur yang sering tumbuh karena kelembaban tinggi menjadi urung diri. Jadi bukumu lebih awet, tak lusuh, tak mudah sobek, dan yang jelas terhindar dari jamuran yang bikin koleksi buku tuamu cepat rusak. Selain itu, aroma buku tua yang kadang lembap juga tak lagi terlalu menyengat.

 

POS-POS TERBARU