Inilah Sungai Guntung Ibukota Kecamtan Kateman Inhil Riau

Inilah Sungai Guntung Ibukota Kecamtan Kateman Inhil Riau

Inilah Sungai Guntung Ibukota Kecamtan Kateman Inhil Riau

Inilah Sungai Guntung Ibukota Kecamtan Kateman Inhil Riau
Inilah Sungai Guntung Ibukota Kecamtan Kateman Inhil Riau

Sungai Guntung merupakan salah satu desa yang terletak pada Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Sungai Guntung dianggap sebagai tetangga dari Pulau Sambu atau yang di kenal dengan PT. Pulau Sambu. Ini dikarenakan, letak sungai guntung berhadapan dengan Pulau Sambu. Kepala Camat, Kecamatan Kateman pada tahun 2015 – 2016 ialah Marlis Syarif.

Berikut keterangan alamat Kantor Pos Sungai Guntung lainnya :

Nama Kantor Pos : Sungai Guntung
Alamat : Jalan M. Boya
Kecamatan : Kateman
Kabupaten : Indragiri Hilir
Provinsi : Riau
Kode Pos : 29255

Mata Pencarian / Penghasilan Masyarakat Sungai Guntung

Penghasilan penduduk banyak terdapat pada perkebunan kelapa dan sawit, pedagang, karyawan dan karyawan PT Pulau Sambu.Ada juga penghasilan dari dalam daerah yang dapat di jual keluar daerah maupun diekspor, seperti pinang, sarang burung walet, sagu, pengolahan sabut kelapa, dan arang tempurung kelapa, yang sering di ekspor ke-negara malaysia dan singapura. Walaupun begitu, masih banyak orang yang tidak mengetahui Sungai Guntung ini.

Kenapa saya bilang begitu ?

Coba kita pikir menggunakan logika. Bagi orang yang tinggal di daerah desa Sungai Guntung pastilah sudah mengetahuinya. Akan tetapi, bagi yang tinggal didaerah lain seperti di kota, contohnya saja yang tinggal daerah Timbilahan, Batam, apakah meraka tau ?

Kebanyakan tidak.

Mungkin ini karena letaknya yang jauh dari perkotaan dan juga banyak dikelilingi pulau-pulau. Kalau dilihat lebih lanjut peran dari Sungai Guntung sangatlah penting. Karena menjadi pusat lalu lintas kedaerah-daerah lain, seperti Tembilahan, Mandah, Tanjung Batu, Kundur, Karimun dan Batam.

Alat Transportasi Sungai Guntung

Transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke Sungai Guntung ialah melalui perairan (laut), contoh : marina, kapal, speed boat, dan pompong. Untuk transportasi dalam ialah Motor dan Viar, dan juga terdapat 1 mobil Ambulans yang bisa digunakan.

Berikut ini berbagai macam suku ras dan etnik yang ada di sungai guntung : melayu, bugis, minang, china, banjar dan jawa.

Perkembangan Sungai Guntung

20 tahun lalu, rata-rata jalan terbuat dari papan dan tanah, toko-toko pun masih sepi dan hanya berbentuk rumah papan. Namun untuk sekarang ini, sudah banyak terdapat Gedung-gedung toko, ruko, dan hotel yang terlihat disepanjang jalan.

Bukan itu saja, sungai guntung juga sudah memiliki DAM yang dapat mencegah abrasi air laut dan menjadi pagar pelindung untuk dapat menghadang ketika air naik (tinggi).

Dilihat dari foto atau dari kejauhan, sungai guntung memang dilihat sangat bagus seperti kota-kota besar dan masyarakat pun sering membandingkan dengan Negara Modern Singapura yang memiliki banyak gedung-gedung tinggi.

Boleh saja beranggapan seperti itu, namun jangan kecewa kalau sudah melihat lebih dekat. Saya bilang begitu karena, banyak orang yang memandang pertama kali guntung suka, karena terlihat bagus. Namun ketika sudah melihat lebih jelas malah tidak tertarik karena banyaknya sampah di jalan-jalan dan diperairannya.

Fakta Daerah Sungai Guntung

1. Jalan pelabuhan HK Sungai Guntung masih rusak-rusak dan belum rata

2. 8 tahun lebih Pasar mall guntung belum dapat digunakan (dioperasikan) sejak pertama dibangun

3. Jalan di guntung rata-rata berukuran lebar 3-4 meter

4. Diguntung memiliki 1 mobil yang sangat istimewa dan spesial, karena tidak ada mobil lain yang ada selain mobil tersebut. Apa itu ? Cek dirumah sakit guntung!! Ya.. Mobil Ambulance

5. Alat transportasi yang sering digunakan ialah sepeda, motor, viar, pompong, speedboat, kapal, marina

6. Rata-rata tamatan anak SMA, SMK, Aliyah yang masuk kuliah pergi ke Pekanbaru-Riau

Bukan berarti saya bilang begitu saya tidak menyukai desa ini. Semua yang saya sampaikan, hanyalah berupa informasi yang saya dengar dari beberapa orang, yang dapat saya sampaikan. Dan mungkin dengan sedikit bantuan pemerintah yang serius, Sungai Guntung akan dapat jauh berkembang seperti daerah-daerah lain, yang sudah lebih dulu berkembang.

Baca juga artikel: