Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas

Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas

           Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30mil. Jarak yang di jangkau ini membedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalan gedung ( seluruh departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum dari MAN.

Jaringan area luas atau wide area network (WAN)

           Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik. Dengan koneksi Internet yang semakin meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.

Internet

Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika memiliki satu LAN dinsatu suit kantor dan LAN disuit kantor lainnya , ana dapat menggabungkan keduannya, sehingga mencipatkan suatu internet.

Intranet

Organisasi dapat membatasi akses kejarinagn mereka hanya kepada anggota-angota organisasi dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan protokol jaringan yang sama dengan internet. Namun membatasi akese kesumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih didalam organisasi.

Ekstranet

Beberapa pengguna dalam suatu jaringan yang memilki otorisasi bisa jadi berada diluar batas perusahaan. Koneksi kepengguna di luar perusahaan kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaa, maka disebut sebagai ektranet.

baca juga :