JENIS-JENIS JARINGAN

JENIS-JENIS JARINGAN

 

Meskipun banyak pengguna merasakan sepertinya hanya terdapat satu jaringan, yaitu Internet, terdapat beberapa jenis jaringan yang membangun blok-blok yang bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet. Internet itu sendiri hanyalah satu jaringan dari jaringan-jaringan lain.

Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peranan yang berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Sebagai analoginya adalah tata ruang gedung yang di tempati oleh sebuah perusahaan.

           Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer, printer, atau alat-alat lain yang serupa harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau  network interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)

Jaringan Area Lokal atau Local Area Networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat-alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.

sumbe r:

Forge of Glory – Match3 MMORPG 1.6.5 Apk + Mod for android