Jenis Self injury


  1. Major Self Mutilation

didefinisikan sebagai melakukan tindakan yang secara signifikan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki seperti semula pada organ-organ besar pada tubuh misalnya saja memotong tungkai atau mencungkil mata. Jenis self injury ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang menderita psikosis. Misalnya : mengeluarkan bola mata.

  1. stereotypic self injury

Merupakan bentuk self injury yang lebih ringan namun sifatnya lebih berulang, self injury jenis ini biasanya meliputi perilaku berulang seperti membenturkan kepala pada lantai individu yang melakukannya biasanya memiliki kelainan saraf seperti autism atau sindroma Tourette. Mislanya : membenturkan kepala ke dinding.

  1. moderate / superficial

Moderate / superficial self mutilation sendiri masih memiliki 3 buah subtype, yaitu episedik, repetitif, dan kompulsif. Tipe kompulsif secara mendasar memiliki kesamaan dengan gangguapsikologis seperti gangguan obsesif-kompulsif. Tipe ini biasanya lebih kurang disadari oleh pelakunya dan biasanya bukan dilakukan untuk mencapai pelepasan namun lebih sebagai kompulsi. Sedangkan self injury yang bersifat repetitive dan episodic bervariasi pada banyak cara. Keduanya terjadi pada episode dimana self injury bermanifestasi pada waktu waktu yang spesifik. Sedangkan pada pelaku self injury tipe moderator / superficial self mutilation yang bersifat  repetitive, self injury sudah dianggap sebagai bagian yang krusial dari kepribadian mereka dan mereka menunjukkan dirinya dengan melakukan self injury.

sumber :
https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/