Karawang

Karawang

Sebelum menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan sistem pertanian irigasi di salah satu wilayah Indonesia, maka saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari sistem pertanian dan irigasi. Selain itu juga sistem pertanian yang akan dijelaskan yaitu di daerah Karawang, Jawa Barat.

Pertanian dalam arti sempit adalah sebagai kegiatan budidaya jenis tanaman tertentu. sedangkan dalam arti luas, pengertian pertanian adalah mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup untuk kepentingan manusia. Jadi pertanian merupakan kegiatan dengan memanfaatkan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Pembangunan sistem irigasi adalah penyediaan dalam menghantarkan air dari sumber air ke lahan pertanian. Sistem irigasi akan mempunyai nilai ekonomi apabila air yang dihantarkan menuju lahan pertanian yang produktif. Irigasi berperan sebagai sarana produksi dalam memenuhi kebutuhan pangan. Sistem irigasi dapat diartikan sebagai satu kesatuan yang tersusun dari berbagai komponen, menyangkut upaya penyediaan, pembagian, pengelolaan dan pengaturan air dalam rangka meningkatkan produksi pertanian.

Peranan penting dari irigasi ialah untuk menyediakan air bagi tanaman serta untuk mengatur kelembapan tanah, membantu menyuburkan tanah karena kandungan yang dibawa oleh air, dapat menekan pertumbuhan gulma, dan dapat memudahkan pengolahan tanah.

Kabupaten Karawang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Bekasi dan kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, kabupaten Subang di timur, kabupaten Purwakarta di tenggara, serta kabupaten Cianjur di selatan. Kabupaten karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menjadi gudang beras nasional. Prasarana sumberdaya air yang ada di Kabupaten Karawang berupa saluran-saluran irigasi teknis yang berfungsi menunjang kegiatan pertanian lahan sawah sebagai kegiatan penduduk yang dominan. Saluran induk yang terdiri dari: Saluran Induk Tarum Utara, Saluran Induk Tarum Tengah, dan Saluran Induk Tarum Barat. Dalam pengairan sawah di Kabupaten Karawang berada di daerah pengairan Jatiluhur dan di luar daerah pengairan Jatiluhur.