Katagori Pembaca Teks

Katagori Pembaca Teks

Katagori Pembaca Teks

Iser dalam bukunya yang berjudul The Art of Reading, pada bagian yang kedua, mengutip Northrop Frey yang mengatakan bahwa “telah dikatakan oleh Jackob Boehemer dari Jerman bahwa bukunya seperti sebuah kapal pesiar: pengarang membawa kata-kata, dan pembaca membawa makna”. Pernyataan itu diamaksutkan oleh Boehemer hanya untuk sindiran, tetapi sebenarnya itu merupakan gambaran yang tepat tentang semua karya sastra. Setiap usaha untuk memahami sifat yang benar untuk memahami sifat yang benar tentang pengarang dan pembaca memunculkan pertanyaan di dan ke manakah pembaca mengacu? Menurut Iser akan muncul beberapa tipe bembaca yang berlainan ketika kritik saran membuat pertanyaan tentang efek-efek karya sastra yang memberikan tangapan-tangapan terhadapnya. Dalam hal ini muncul dua tipe pembaca:

  1. The Real Reader (pembaca yang sebenarnya)

Pembaca jenis ini muncul dalam pengkajian sejarah tangapan-tangapan, yakni ketika perhatian study sastra dipusatkan pada cara karya sastra yang diterima oleh masyarakat pembaca khusus.

  1. Hypothecical Reader(pembaca hipotesis)

Pembaca jenis ini berada di atas semua kemungkinan aktualisasi reks yang telah di perhitungkan. Jenis pembaca hipotesis isi dibagi menjadi dua yaitu pembaca ideal dan pembaca kontemporer

sumber :

Prune 1.1.3 Apk + Mod for android