Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam

Setiap metode atau pendekatan dalam penelitian dan pengkajian terhadap suatu masalah pasti terdapat kelebihan dan kekurangan dari pendekatan yang digunakan. Begitu pula pada pendekatan Antropologi dalam studi Islam, kita akan menemukan kelebihan dan kekurangannya.

Dalam pengkajian makalah ini kami dapat mengemukakan beberapa kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada pendekatan antropologi dalam studi Islam, sebagai berikut :

  1. Kelebihan

Kelebihan yang terdapat pada pendekatan antropologi dalam studi Islam yaitu :

a)Pendekatan antropologi bercorak deskriptif dan denganmelakukan pengamatan langsung, sehingga peneliti mengetahui dengan sebenarnya praktik keberagamaan (local practices) praktik yang nyata di suatu tempat.

  1. b)Antropologiselalu mencariketerkaitan atau hubungan antara berbagai domain kehidupan secara lebih utuh dan melakukan perbandingan dari berbagai tradisi.
  2. c)Dengan antropologi kita dapat meneliti asal-usul agama, dan dengan itu  kita dapat mengerti cara berpikir manusia yang menganut agama tersebut pada zamannya,sehingga dengan melakukan kajian lewat agama kita dapat mengetahui pola berpikir manusia pada zaman dahulu, karena pasti ada keterkaitan antara agama dan manusia.
  3. d)Antropologi lebihterfokus pada symbol-simbol dan unsur-unsur dalam agama seperti sholat, puasa, haji, golongan agama, pemuka agama dan sebagainya, karena hal itu dapat mempengaruhi manusia.
  4. Kekurangan

Kekurangan yang terdapat pada pendekatan antropologi dalam studi Islam yaitu :

  1. a)Antropologi tidak membahas fungsi agama bagi manusia, tetapi membahas isi dan unsur-unsur pembentuk dalam agama itu berkaitan dengan manusia dan kebudayaan sehingga akan sulit mengamati terjadinya sekularisasi.
  2. b)Dalam kehidupan terjadinya pembauran antara budaya dan agama, sehingga dalam praktiknya jika kita tidak cermat mengamatinya, maka tidak dapat dibedakan antara agama dan budaya.

sumber :

 

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/