KONSOL GAME MASA DEPAN BERBASIS CLOUD COMPUTING

KONSOL GAME MASA DEPAN BERBASIS CLOUD COMPUTING

KONSOL GAME MASA DEPAN BERBASIS CLOUD COMPUTING

KONSOL GAME MASA DEPAN BERBASIS CLOUD COMPUTING
KONSOL GAME MASA DEPAN BERBASIS CLOUD COMPUTING

TOKYO – Konsol game di masa depan nantinya tidak hanya mengandalkan hard drive sebagai media penyimpanan. Raksasa elektronik Sony akan mengembangkan kosol yang berplatform could computing (komputasi awan).

Adalah Ken Kutaragi, ‘bapak’ dari konsol PlayStation, telah memulai usaha pengembangan baru yang didasarkan pada komputasi awan tersebut. Selain itu, Sony Computer Entertainment telah mendirikan perusahaan baru Cyber Ai Entertainment Inc bulan lalu. Perusahaan ini akan fokus pada teknologi jaringan terbaru dengan menciptakan komputasi awan untuk tujuan hiburan.

Seperti dikutip dari Tech Tree, Kutaragi akan fokus pada jaringan komputasi awan untuk melayani hiburan. Kemungkinan besar cara ini mungkin akan sedikit mirip dengan layanan game Live On yang ditampilkan di Game Developers Conference 2009 beberapa waktu lalu. Kutaragi tentunya berharap dapat melihat konsol berbasis komputasi awan ini akan menggabungkan game dengan layanan video HD.

Microsoft Cloud Computing

Cloud Computing ……

Benda apa lagi nich, sebagian rekan-rekan mungkin sudah sering mendengar atau membaca di media, baik itu media elektronik maupun media cetak serta media-media online tapi mungkin sebagian rekan-rekan masih asing dengan benda satu ini. Untuk itu penulis mencoba menyimpulkan apa itu cloud computing berdasarkan sumber-sumber yang telah penulis baca dan pelajari terutama mengenai teknologi cloud computing yang diusung oleh Microsoft.

Cloud Computing jika diartikan secara gamblang ke dalam bahasa Indonesia menjadi sedikit aneh, kenapa aneh, karena Cloud berarti Awan sementara Computing berarti menghitung. Tapi bukan itu yang dimaksud disini, dimana Cloud memang berarti Awan dan Computing berarti System Komputer, jika digabung menjadi System Komputer Awan. Loh kok ada system komputer awan, apakah yang dimaksud system komputer yang bebas alias tanpa batas seperti awan?

Saat ini sudah banyak vendor atau lebih dikenal provider yang membangun System Cloud Computing untuk disewakan kepada para pengguna seperti yang disebut sebelumnya, diantaranya: Microsoft, Google, Amazon, IBM, dan lain-lain. Semua provider ini mempunyai nama sendiri untuk teknologi cloud computing mereka, seperti Microsoft, mereka mempunyai dua teknologi cloud computing, yakni :

* Public Cloud Computing, dan
* Private Cloud Computing.

Dimana untuk teknologi Public Cloud Computing, Microsoft membagi kedalam dua kategori, yakni :

* Kategori Produktivity menggunakan Microsoft Office 365
* Kategory Application Development & Hosting menggunakan Windows Azure

Untuk kategory Produktifity, Microsoft menggunkaan system Microsoft Office 365 dimana target dari teknologi ini membantu para pengguna untuk bisa terhubung dan berbagi dokumen dimana saja berada tanpa adanya batasan waktu maupun jarak sehingga dapat mempercepat pemegang keputusan dalam mengambil keputusan yang akan dicapai berdasarkan dokumen yang up to date serta akurat. Dengan fitur ini, seakan-akan pengguna diberikan sebuah kantor virtual yang bisa diakses dari PC, Smartphone dan browser yang telah tersedia.

Baca Juga :