Korelasi multivariat

            Tekhnik untuk mengukur dan menyelidiki tingkat hubungan antara kombinasi dari tiga variabel atau lebih dusebut tehnik korelasi multivariat. Ada beberapa tehnk yang dapat diginakan, dua diantaranya yang akan dibahas disini adalah : regresi ganda atau multiple regresion dan korelasi kanonik.

  1. Regresi ganda

      Memprediksi suatu fenomena yang kompleks hanya dengan menggunakan satu faktor (variabel prediktor) seringkali hanya memberikan hasil yang kurang akurat. Dalam banyak hal, semakin banyk informsasi yang diperoleh maka semakin akurat prediksi yang akan dibuat, yakni dengan menggunakan kombinasi dua atau lebih variabel prediktor,  prediksi terhadap variabel kriteria akan lebih akurat dibanding dengan hanya menggunakan masing-masing variabel prediktor secara sendiri-sendiri. Dengan demikian penambahan jumlah prediktor akan meningkatkan akurasi prediksi kriteria.

  1. Korelasi kanonik

      Pada dasarnya tehnik ini sama dengan regresi ganda, dimana beberapa variabel dikombinasikan untuk memprediksi variabel kriteria. Akan tetapi, tidak seperti regresi ganda yang hanya meibatkan satu variabel kriteria, korelasi kanonik melibatkan lebih dari satu variabel kriteria. Korelasi ini berguna untuk menjawab pertanyaan, bagaimana serangkaian variabel prediktor memprediksi serangkaian variabel kriteria? Dengan demikian, korelasi kanonik ini dapat dianggap sebagai perluasan dari regresi ganda, dan sebaliknya, rehresi berganda dapat dianggap sebagai bagian dari korelasi kanonik.  Seringkali penelitian ini digunakan dalam penelitian eksplorasi, yang bertujuan untuk menentukan apakah sejumlah variabel memiliki hubungan satu sama lain yang serupa atau berbeda.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/