Kurs Rill dan Neraca Perdagangan

Hubungan antara kurs riil dan ekspor neto adalah  negatif : semakin rendah kurs riil, semakin mahal  barang-barang domestik relatif terhadap barang-barang luar negeri, dan sehingga semakin besar  ekspor neto kita. Kurs riil ditentukan oleh perpotongan dari garis vertikal mewakili tabungan dikurangi investasi dan  kurva ekspor neto yang melandai ke bawah.Di sini jumlah dolar yang ditawarkan untuk investasi luar negeri neto sama dengan jumlah dolar yang diminta untuk ekspor neto barang dan jasa.

  1. Dampak Kebijakan Fiskal Ekspansioner Dalam Negeri Pada Kurs Rill

Kebijakan fiskal ekspansioner dalam negeri, seperti kenaikan belanja pemerintah G atau pemotongan pajak mengurangi tabungan nasional.Turunnya tabungan mengurangi penawaran dolar untuk ditukar ke mata uang asing, dari S1I ke S2I. Pergeseran ini meningkatkan kurs riil ekuilibrium dari e1 ke e2. Turunnya tabungan  mengurangi penawaran dolar, yang menyebabkan kurs riil meningkat dan menyebabkan ekspor neto menurun.

  1. Dampak Kebijakan Fiskal Eskpansioner Luar Negeri Pada kurs Rill

Kebijakan fiskal ekspansioner luar negeri mengurangi tabungan dunia dan meningkatkan tingkat bunga dunia dari r1* ke r2*. Kenaikan tingkat bunga dunia mengurangi investasi dalam negeri, yang lalu meningkatkan penawaran dolar untuk ditukarkan ke mata uang asing.Akibatnya, kurs riil ekuilibrium turun dari e1 ke e2.

  1. Dampak Kenaikan Permintaan Investsi pada kurs Rill

Kenaikan permintaan investasi meningkatkan jumlah investasi domestik  dari I1  ke I2.  Akibatnya, penawaran dolar untuk ditukar ke mata uang asing turun dari S – I1 ke  S – I2. Turunnya penawaran ini meningkatkan kurs riil ekuilibrium dari e1 ke e2.


BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Perekonomian terbuka adalah perekonomian yang melibatkan diri dalam perdagangan internasional (ekspor dan impor) barang dan jasa serta modal dengan negara-negara lain. Ketika perekonomian disebut, “terbuka,” berarti pengeluaran negara di tiap tahun tertentu tidak sama dengan output barang dan jasanya. Suatu negara bisa melakukan pengeluaran lebih banyak ketimbang produksinya dengan meminjam dari luar negeri, atau bisa melakukan pengeluaran lebih kecil dari produksinya dan memberi pinjaman pada negara lain. Mari kita lihat perhitungan pendapatan nasional untuk menjelaskannya.

  1. Saran

Sebaiknya dalam menjalankan perekonomian terbuka, suatu negara harus benar-benar mempunyai perhitungan yang tepat untuk dampak dari perekonomian terbuka yang diterapkan. Hal ini dilakukan akan tidak terjadi defisit perdagangan maupun surplus perdagangan. Selain itu pendapatan nasional juga dapat meningkat setiap tahunnya dan mengurangi dampak negatif bagi perekonmian negara serta pendapatan Nasional.

sumber :
https://afmar.co.id/seva-mobil-bekas/