Langkah-langkah Penyusunan Program Semester

  1. Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
  2. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran.
  3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
  4. Hitung alokasi waktu dalam setahun berdasarkan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh satuan pendidikan..

Hal – hal yang diperhatikan adalah :

  1. banyaknya pekan dalam setiap bulan
  2. jumlah pekan efektif per bulan (pekan dimana terjadi KBM)
  3. jumlah pekan tidak efektif (pekan dimana tidak terjadi KBM misal HUT Sekolah, Hari libur umum dan lain-lain)
  4. total pekan, pekan efektif, pekan tidak efektif per tahun.
  5. Hitung alokasi waktu per semester

Hal-hal yang diperhatikan sama dengan perhitungan alokasi waktu dalam setahun.

  1. Menentukan jumlah jam efektif per semester

Hal-hal yang diperhatikan adalah :

  1. Banyaknya pekan efektif pada perhitungan alokasi waktu per semester dikurangi pekan tidak efektifnya. Contoh : Pekan dalam semester ini 26 pekan, yang tidak efektif 9 pekan maka pekan efektif adalah 26-9=17 Pekan.
  2. Jam efektif semester adalah hasil perkalian pekan efektif dengan jumlah jam pelajaran per minggu. Misal : Fisika kelas VII Jumlah jam per minggu 2 jam/ kelas. Maka jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 2 jam pel = 34 jam pel.
  3. Distribusi alokasi waktu

Hal-hal yang diperhatikan adalah :

  1. Hitung banyaknya kompetensi dasar dalam semester berjalan.
  2. Tentukan kedalaman dan keluasan materi pada Kompetensi Dasar tersebut.
  3. Sebarkan jam efektif yang telah dihitung pada setiap Kompetensi Kasar berdasarkan keluasan dan kedalamannya.
  4. jabarkan hasil penyebaran tersebut pada matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan minggu selama 1 semester dengan memperhatikan juga minggu / hari tidak efektif.
  5. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.
  6. Manfaat Promes
  7. Mempermudah seorang guru dalam proses pembelajaran selama satu semester.
  8. Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan
  9. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
  10. Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik guru maupun murid
  11. Sebagai alat ukur keefektifan suatu proses pembelajaran sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambanan kerja
  12. Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
  13. untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya

https://imii.co.id/microsoft-powerpoint-apk/