Mengurus Administrasi Kependudukan Gratis

Mengurus Administrasi Kependudukan Gratis

Mengurus Administrasi Kependudukan Gratis

Mengurus Administrasi Kependudukan Gratis
Mengurus Administrasi Kependudukan Gratis

CIMAHI-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi,

Drs. Hadi meminta agar masyarakat tidak memberi uang tips kepada petugas ketika mengurus administrasi kependudukan, baik di kantor kelurahan maupun kantor kecamatan.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang

Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan bahwa untuk pembuatan seluruh administrasi kependudukan tidak dipungut retribusi atau gratis,” kata Drs. Hadi di Gedung Kompleks Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi kepada wartawan.
Drs. Hadi memastikan bahwa dalam pengurusan adminsitrasi kependudukan, seperti pengurusan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di Wilayah Kota Cimahi, tidak ada lagi pungutan liar.

“Kami akan memberikan sanksi tegas kepada oknum petugas baik di kantor

kelurahan maupun di kantor kecamatan yang melakukan pungutan liar kepada masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan,” katanya.

Apabila masyarakat mendapatkan oknum petugas yang melakukan pungutan liar dalam melayani masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan agar tidak segan-segan menyampaikan laporan kepada Pemerintah Kota Cimahi. Tentunya dalam menyampaikan laporannya harus disertai dengan bukti yang otentik.

“Kami melakukan pengawasan melekat agar tidak terjadi pungutan-pungutan kepada masyarakat terkait pengurusan administrasi kependudukan,” katanya. (enal)

 

Baca Juga :