Pasar Faktor Produksi Tanah

Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources).

Ciri-Ciri

1) Jumlahnya tetap/terbatas
2) Penawaran tanah tetap berapapun permintaanya
3) Sifat kurva penawaran tanah inelastis
4) Harga/sewa tanah selalu meningkat
5) Balas jasa yang diberikan kepada pemilik tanah disebut sewa tanah

Karena penawaran tanah sangat tetap, harganya adalah demand determined yakni harganya ditentukan sepenuhnya oleh berapa jumlah yang bersedia dibayarkan oleh rumah tangga dan perusahaan untuk tanah itu. Hasil segala faktor produksi dlam penawaran tetap disebut sewa murni. Suatu perusahaan akan membayar dan menggunakan tanah selama penerimaan yang dihasilkan pada tanah itu memadai untuk menutup hargatanah itu.

 Teori Sewa Tanah

1)   Teori Differensial

Dikemukakan oleh David Ricardo. Menurut teori ini, tinggi rendahnya sewa tanah disebabkan karena perbedaan kesuburan tanah

2Teori Lokasi

Dikemukakan oleh Von Thunen Menurut teori ini, tinggi rendahnya sewa tanah selain disebabkan karena kesuburan tanah juga disebabkan perbedaan letak tanah dari pasar.

  1. Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja

Faktor produksi tenaga kerja adalah semua tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, serta terdidik atau tidak terdidik, atau sering disebut dengan sumber daya manusia (human resources) yang melakukan kegiatan produksi barang/jasa. Sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat meningkatkan produktivitas.

Tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses produksi pada suatu perusahaan selalu mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan jumlah penduduk.

Permintaan tenaga kerja oleh suatu perusahaan dipengaruhi beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.

1) Kemajuan teknologi yang dimiliki oleh suatu negara.
2) Banyak sedikitnya barang yang dihasilkan.
3) Tinggi rendahnya laba pengusaha.
4) Adanya investasi dari pengusaha

 

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/