Pelajar SMK Terbukti Lebih Terampil di Bidang TIK

Pelajar SMK Terbukti Lebih Terampil di Bidang TIK

Pelajar SMK Terbukti Lebih Terampil di Bidang TIK

Pelajar SMK Terbukti Lebih Terampil di Bidang TIK
Pelajar SMK Terbukti Lebih Terampil di Bidang TIK

Para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau vokasional justru lebih terampil. Salah satunya di dunia Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di era digital saat ini. Kemampuan mereka dibuktikan dalam Axioo Skill Contest dalam ajang Habibie Festival.

Untuk mendorong peningkatan kualitas SDM khususnya pelajar SMK agar bisa berkembang dalam hal keterampilan maupun pengetahuan dalam bidang teknologi, Axioo menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Sekitar 1.750 siswa dari sekitar 200 SMK di seluruh Indonesia ikut terlibat dalam Axioo Skill Contest.

Seluruh peserta merupakan siswa binaan Axioo yang terdaftar pada program Axioo Class Program, program pelatihan peningkatan kualitas SDM untuk para murid dan guru SMK di seluruh Indonesia.

Tercatat peserta 90 persen peserta didominasi oleh siswa pria

. Peserta termuda berasal dari SMKN 1 Batam bernama Fahmi Dzulqarnain berusia 15 tahun.

“Melalui Axioo Skill Contest kami berharap akan lebih banyak masyarakat umum memahami bagaimana sebuah teknologi diciptakan sehingga akan lebih banyak lagi Habibie Habibie muda tercipta dan Axioo sangat bersyukur dapat ikut berpartisipasi pada event Habibie Festival,” ujar CEO Axioo Indonesia, Samuel Lawrence dalam keterangan tertulis, Senin (14/8).

Selama lomba, para peserta Axioo Skill Contest diminta menunjukkan kemampuan mereka dalam beberapa hal seperti membuat notebook, teknik memperbaiki hardware, pemasangan dan perbaikan jaringan komputer, membuat aplikasi mobile, membuat desain grafis hingga membuat website.

Total hadiah yang disediakan Axioo senilai lebih dari Rp 300 juta

. Antara lain smartphone dan notebook Axioo hingga paket tur mengunjungi pabrik partner Axioo dalam hal pelatihan telnik structure cabling yang berada di Vietnam. Juara Umum Axioo Skill Contest 2017 adalah SMK Negeri 4 Kota Serang.

Director Axioo Class Program Timmy Theopelus mengakui industri IT saat ini mengalami masalah yang cukup pelik, terutama dalam hal ketersediaan SDM. Mencari tenaga kerja siap pakai menjadi salah satu masalah yang paling susah dipecahkan

“Apa yang diajarkan di sekolah dengan apa yang digunakan di dunia industri jauh berbeda.

Kami ingin menghilangkan gap tersebut. Sampai saat ini Axioo telah membina lebih dari 10.000 siswa tersebar di lebih dari 200 SMK seluruh Indonesia,” jelas Timmy.

Selain Axioo Skill Contest, Axioo juga menggelar rangkaian kegiatan lainnya selama Habibie Festival 2017 antara lain Pameran Iptek dan Inovasi yang menyajikan keunggulan-keunggulan produk teknologi tinggi nasional.

Kemudian berbagai workshop tenologi hardware dan digital seperti simulasi produksi laptop degan fasilitas standar industri menghadirkan professional IT yang mumpuni. Juga, lomba-lomba seru seperti Amazing Race, Lomba Cipta Game, dan Lomba Coding.

 

Baca Juga :