PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA

PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA

PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA

Pengertian dari administrasi Negara sebenarnya memiliki banyak definisi, yang pada umumnya dapat dibagi dalam dua kategori yaitu, definisi yang hanya melihat administrasi di Negara dalam lingkungan lembaga eksekutif saja. Serta definisi kedua yang melihat bahwa administrasi Negara mencakup segala cabang pemerintahan serta hal lain yang berkaitan dengan kepentingan umum.

Secara umum administrasi Negara merupakan suatu pengaturan kebijakan pemerintah atau aparatur Negara untuk mencapai tujuan Negara secara efektif dan efisien. Ilmu administrasi ini juga membahas kebijakan publik, administrasi pembangunan tujuan Negara, serta etika yang mengatur penyelenggara Negara.

Administrasi Negara juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang dibuat untuk mengatur proses pengelolaan organisasi yang ada dalam suatu masyarakat untuk dapat berjalan dengan baik. Terdapat tiga elemen penting dalam administrasi tersebut apabila dibahas dalam konteks ilmu sosial yaitu, lembaga eksekutif, yudikatif, serta legislatif.

Pengertian administrasi juga dapat dikelompokkan dalam dua kategori yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas, yaitu:

1. PENGERTIAN ADMINISTRASI DALAM ARTI SEMPIT

a. Administrasi merupakan suatu tata usaha, meliputi pekerjaan yang berkenaan dengan korespondensi, soal pencatatan atau dokumentasi, kearsipan dan yang lainnya.
b. Administrasi merupakan kegiatan yang meliputi pekerjaan catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan dan yang lainnya dengan memiliki sifat teknis ketata usahaan.

2. PENGERTIAN ADMINISTRASI DALAM ARTI LUAS

Dalam arti luas administrasi dapat diartikan sebagai berikut:
a. Administrasi merupakan kegiatan manusia yang kooperatif, dengan memiliki 8 unsur yaitu: organisasi, manajemen, komunikasi atau tata hubungan, informasi atau tata usaha, personalia atau kepegawaian, finansial atau keuangan, meteria atau perbekalan, serta humas atau hubungan masyarakat.
b. Administrasi merupakan keseluruhan proses dalam elaksanakan keputusan yang telah disepakati dan diselenggarakan oleh dua orang ataupun lebih guna untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditentukan.
c. Administrasi merupakan rangkaian kegiatan usaha dalam menciptakan kerja sama manusia secara masuk akal atau efisien guna untuk memperoleh tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.


Sumber: https://www.col-sea.com/the-bfg-game-apk/