Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

 Pengertian Gelombang Elektromagnetik
Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Pengertian gelombang elektromagnetik adalah

Gelombang yang perambatanya tanpa medium atau gelombang yang dapat merambat tanpa medium. Dan merupakan gelombang tranversal juga termasuk gelombang medan. Gelombang elektromagnetik bisa dikatakan berasal dari matahari dan angkasa. Seperti peralatan elektronik, satelit, kilat, radioaktif, monitor TV, pemancar radio/TV, bahan – bahan radio aktif, dll.

Ada beberapa karakter yang dapat diukur dari gelombang elektromagnetik yang merambat dalam gelombang, yaitu:

 

Panjang gelombang atau wavelength

Yaitu jarak antara satu puncak gelombang dengan puncak yang berikutnya.
Frekuensi
Yaitu jumlahnya gelombang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi juga tergantung dari cepat rambatnya gelombang.
Amplitude/amplitude
Yaitu tingginya gelombang
KecepatanYaitu waktu yang diperlukan oleh suatu gelombang untuk mencapai jarak tertentu dalam peristiwa perambatannya

Panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Karena, semakin panjang suatu gelombang, semakin rendah pula frekuensinya. Dan sebaliknya jika semakin pendek suatu gelombang maka semakin tinggi frekuensinya. Pada masa level yang berbeda – beda energi elektromagnetik dilepas atau dipancarkan oleh semua masa di alam.

 

Pengertian gelombang elektromagnetik dapat dijelaskan melalui ciri – ciri sebagai berikut:

Perubahan medan magnetik dan medan listrik akan terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga medan keduanya memiliki harga minimum dan maksimum di saat yang sama dan tempat yang sama.
Arah medan listrik dan medan magnetik yaitu saling tegak lurus dan keduanya terhadap arah rambat gelombang
Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah partikelnya tegak lurus terhadap gelombang.
Gelombang elektrmagnetik juga mengalami peristiwa polarisasi. Polarisasi yaitu proses ketika suatu getaran vector terkena pembatasan sehingga terbentuk suatu gelombang transversal menjadi satu arah
Cepat rambat sebuah gelombang bergantung dari sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya

Gelombang elektromagnetik juga mengalami peristiwa pada umumnya yaitu pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi.

Pemantulan : proses berbalik arahnya suatu gelombang ketika menyentuh permukaan. Contohnya adalah gelombang bunyi yang menjadi gema ketika memantul di tebing.
Pembiasan : proses membeloknya arah suatu gelombang ketika melewati dua medium yang berbeda. Contohnya bayangan yang ditangkap mata kita ketika melihat benda di balik lensa.
Difraksi : proses melenturnya gelombang ketika melewati celah yang sempit. Contohnya gelombang bunyi yang terdengar dari ruangan lain melalui lubang kunci.
Interferensi : proses ketika dua gelombang bertemu melalui suatu medium yang menyebabkan kedua gelombang tersebut tidak stabil.

Sekian pengertian gelombang elektromagnetik dan sedikit penjelasan dasarnya.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/