PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan berasal dari kata dasar pimpin yang mengandung arti mengarahkan, membina, menuntun, dan menunjukkan atau mempengaruhi. Menurut Wahjosumidjo (2005), kepemimpinan dideskripsikan sebagai sebuah sifat, perilaku pribadi, pengaruh terhadap orang lain, pola interaksi dengan orang lain, dan hubungan kerjasama antar personal.

Kepemimpinan secara umum diartikan sebagai kemampuan dan kekuatan dari diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain yang berinteraksi dengannya dalam hal pekerjaan. Tujuannya mempengaruhi orang lain ini agar target organisasi atau perusahaan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

Pemimpin sendiri diartikan sebagai seseorang yang diberikan kepercayaan atau mandat sebagai ketua dalam sistem sebuah perusahaan atau organisasi. Karena setiap individu juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka bagaimana cara orang tersebut memimpin perusahaan atau organisasi tentunya sangat berbeda pula satu dengan yang lainnya.

TUJUAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI DAN PERUSAHAAN

Sebuah organisasi ataupun perusahaan pasti membutuhkan seorang pemimpin. Tujuan kepemimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan diantaranya adalah:

1. SARANA MENCAPAI TUJUAN

Kepemimpinan diperlukan sebagai sarana untuk mencapai tujuan perusahaan dan organisasi. Kepemimpinan akan mengarahkan para anggota tentang bagaimana cara yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

2. MEMOTIVASI ORANG LAIN

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh organisasi ataupun perusahaan, maka diperlukan sebuah semangat yang terus mengalir pada semua anggota atau staf. Kepemimpinan bertujuan agar bisa menjadi ujung tombak memotivasi para anggota atau karyawan dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan.


Baca Juga :