Pengertian Khiyar

Pengertian Khiyar

Pengertian Khiyar

Khiyar menurut bahasa adalah

memilih yang terbaik, sedangkan pngertian khiyar menurut istilah syara’ adalah penjual dan pembeli boleh memilih antara meneruskan atau mengurungkan jual belinya. Menurut istilah kalangan ulama fikih yaitu mencari yang baik dari dua urusan baik berupa meneruskan akad atau membatalkannya.

Khiyar yang dimaksudkan untuk menjamin adanya kebebasan berpikir antar pembeli dan penjual atau salah seorang yang membutuhkan khiyar.Akan tetapi oleh karena sistem dengan khiyar ini adakalnya menimbulkan penyesalan kepada salah seorang penjual atau pembeli yaitu kalau pedangang mengharapkan barangnya segera laku, tentu tidak senang kalau barangnya dikembalikan lagi sesudah jaul beli atau akad jual.Maka oleh karena itu, untuk menetapkan syahnya ada khiyar harus ada ikrar dari kedua belah pihak, atau salah satu pihak yang diterima pihak lainnya atau kedua belah pihaknya, kalau kedua belah pihak itu mengkehendakinya.

Dari defenisi yang telah dikemukakan diatas dapat diambil intisari bahwa khiyar adalah pilihan untuk melanjutkan jual beli atau membatalkannya, karena terdapat cacat terhadap barang yang dijual, atau ada perjanjianpada waktu akad, atau sebab yang lain. Tujuan diadakan khiyar tersebut adalah umtuk menwujudkan kemaslahatan bagi kedua belah pihak sehingga tidak ada rasa menyesal setelah akad selesai, karena mereka sama-sama rela atau setuju.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/gunner-battle-commando-attack-apk/