Pengertian Rangkuman, Manfaat Rangkuman, Cara / Teknik Membuat Rangkuman, dan Latihan Merangkum

Pengertian Rangkuman, Manfaat Rangkuman, Cara / Teknik Membuat Rangkuman, dan Latihan Merangkum

Pengertian Rangkuman, Manfaat Rangkuman, Cara / Teknik Membuat Rangkuman, dan Latihan Merangkum

Pengertian Rangkuman, Manfaat Rangkuman, Cara / Teknik Membuat Rangkuman, dan Latihan Merangkum

1. Pengertian Rangkuman

Apakah kamu hobi membaca buku? Apa yang mendorong kamu suka membaca buku? Tentu saja karena isinya menarik, hiburan, mengisi waktu senggang, atau untuk memperoleh informasi. Bayangkan jika buku yang demikian tebal dibaca dalam waktu singkat dan dituntut untuk memperoleh informasi secara cepat. Tentu akan repot, bukan?

Untuk itu diperlukan sebuah rangkuman. Nah, pada pelajaran ini kamu akan berlatih membaca teks buku kemudian menyusun rangkumannya.

Rangkuman disebut juga ringkasan. Namun, dalam sebuah rangkuman tidak ada perubahan isi atau garis besar informasi. Dengan demikian, rangkuman merupakan pemadatan isi bacaan supaya lebih ringkas, sehingga memudahkan pembaca mengetahui isinya.

2. Manfaat Rangkuman

Rangkuman yang telah disusun sangat bermanfaat, baik bagi si penulis maupun orang lain (pembaca). Manfaat dari suatu rangkuman, antara lain sebagai berikut.

  1. Isi teks akan mudah diingat dan dipahami.
  1. Waktu yang digunakan untuk membaca jauh lebih singkat.
  1. Membantu keperluan yang sifatnya praktis. Misalnya untuk informasi secara cepat.
  1. Menggambarkan garis besar isi bacaan.
  1. Teknik Membuat Rangkuman

Bagaimana membuat rangkuman yang baik? Ada beberapa langkah yang perlu kamu pelajari. Langkah tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Bacalah seluruh teks dan tandailah bagian yang dianggap penting.
  1. Tulislah informasi berdasarkan bagian-bagian yang kamu anggap penting tersebut.
  1. Buatlah kerangka dan kembangkan menjadi sebuah rangkuman.
  1. Baca kembali kemudian bandingkan dengan teks aslinya.

3. Latihan Merangkum

Mengenal Kreativitas Diri

Kreativitas adalah proses mental yang menghasilkan suatu jalan keluar serta gagasan yang orisinil atau unik dan bermanfaat. Orang yang kreatif adalah orang yang mampu memecahkan persoalan, menghasilkan sesuatu, atau merumuskan pertanyaan-pertanyaan baru dalam suatu bidang tertentu yang mula-mula dianggap aneh tetapi kemudian dapat diterima oleh suatu lingkungan budaya tertentu.

Untuk menjadi kreatif seseorang tidak saja harus memiliki pengetahuan luas, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk melakukan restrukturisasi pengetahuannya guna memecahkan masalah atau menghasilkan sesuatu dengan cara yang berbeda. Biasanya orang membutuhkan waktu tertentu (masa inkubasi) untuk mengalihkan perhatian dari masalahnya sehingga pada akhirnya secara tidak disadari muncul berbagai pemikiran baru untuk memecahkan masalahnya.

Jadi meskipun kreativitas dapat terjadi secara tiba-tiba karena adanya pemahaman yang dramatis, restrukturisasi dari pengetahuan yang ada tetap diperlukan.

Pribadi Kreatif

Orang yang kreatif biasanya mempunyai sejumlah ciri kepribadian yang berpasangan dan seolah-olah bertentangan tetapi dapat bekerja sama dengan baik. Orang yang kreatif memiliki energi besar untuk bekerja keras tetapi juga rileks dan tenang. Tampak cerdas dan cerdik, tetapi kadang-kadang naif. la bersikap bijak tetapi kadang kekanak-kanakan. la sangat disiplin dalam menyelesaikan tugas tetapi juga suka bermain-main. la dapat menjadi sangat imajinatif dan realistis. la dapat bekerja sendiri maupun bersama orang lain. la merasa bangga akan hasil karyanya tetapi juga rendah hati, karena masih ingin terus berkarya.

la mempunyai kecenderungan androgini, yaitu mempunyai gabungan ciri-ciri maskulin dan feminin sekaligus karena dapat melepaskan diri dari stereotip laki-laki atau perempuan. la sangat menikmati karyanya tetapi juga dapat memberikan penilaian objektif terhadap karyanya.

Pengaruh Lingkungan

Lingkungan juga berpengaruh terhadap kreativitas seseorang. Ada berbagai faktor dalam lingkungan yang mendorong munculnya kreativitas, seperti penerimaan sepenuhnya terhadap kekurangan dan kelebihan seseorang, tidak ada penilaian yang bersifat mengancam atau merendahkan, munculnya pengertian dan empati, adanya dukungan dan dorongan untuk berkarya, serta penghargaan dan insentif. Avertebrata Lingkungan juga diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk melakukan banyak kegiatan kreatif dan kesempatan untuk mengekspresikan diri. Selain itu, aturan dalam lingkungan yang fleksibel, adanya dorongan kepada individu untuk mandiri, serta penekanan pada prestasi dan bukan angka, juga akan mampu menumbuhkan kreativitas seseorang.

 

Berdasarkan langkah-langkah di atas, coba kerjakan latihan berikut berdasarkan teks yang sudah kamu baca !

  1. Tandailah bagian-bagian yang kamu anggap penting.
  1. Bagian yang kamu anggap penting tersebut, susunlah menjadi sebuah kerangka rangkuman.
  1. Kembangkan kerangka rangkuman tersebut menjadi bentuk rangkuman yang enak dibaca dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami orang lain.
  1. Baca dan analisislah apakah berbeda jauh dengan teks aslinya !
  1. Simpulkan isi/informasi teks dengan kalimat yang jelas !