Penilaian

Penilaian

Penilaian

  1. a)Kembangkan cara-cara untuk menilai hasil pembelajaran peserta didik.
  2. b)Gunakan hasil penilaian tersebut untuk menganalisis kelemahan atau kekurangan peserta didik dan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam memberikan kemudahan kepada peserta didik,
  3. c)Pilihlah metodologi yang paling tepat sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Dalam PAKEM, peseta didik perlu dilibatkan secara aktif, karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Peserta didik harus dilibatkan dalam tanya jawab yang terarah, dan mencari pemecahan terhadap berbagai masalah pembelajaran. Peserta didik harus didorong untuk menafsirkan informasi yang telah diberikan oleh guru, sampai informasi tersebut dapat diterima oleh akal sehat. Stategi seperti ini memerlukan pertukaran pikiran, diskusi dan perdebatan, dalam rangka mencapai pengertian yang sama terhadap setiap materi standar.

Dalam metode pembelajaran efektif dan bermakna, setiap materi pelajaran yang baru harus dikaitkan dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang ada sebelumnya. Materi pembelajaran baru disesuaikan secara aktif dengan pengetahuan yang sudah ada, sehingga pembelajaran harus dimulai dengan hal yang sudah dikenal dan dipahami peserta didik, kemudian guru menambahkan unsur-unsur pembelajaran dan kompetensi baru yang sudah dimiliki peserta didik.

Agar peserta didik belajra secara aktif, guru perlu menciptakan strategi yang tepat guna, sedemikian rupa, sehingga mereka mempunyai metifasi yang tinggi untuk belajar. Motivasi yang seperti ini dapat tercipta kalau guru dapat meyakinkan peserta didik akan kegunaan materi pembelajaran bagi kehidupan yang nyata peserta didik.

2.5. Pendekatan Yang Tepat Untuk Pembelajaran Pakem

Disamping pendekatan pedagogi, dalam pelaksanaan pembelajaran dianjurkan juga untuk menggunakan pendekatan andragogi. Pendekatan andragogi menempatkan peran peserta didik lebih dominan dalam pembelajaran, yang meletakkan perhatian dasar terhadap individu secara utuh. Belajar dipandang sebagai proses yang melibatkan diri dalam interaksi antara diri sendiri dengan realita diluar diri individu yang bersangkutan.

Pendekatan andragogi dapat dipilih dan dikembangkan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran dalam menyukseskan implementasi kompetensi yang disempurnakan di sekolah dengan menyesuaikan situasi dan kondisi serta faktor-faktor penunjang lain.

sumber :

Slugterra: Guardian Force 1.0.3 Apk + Mod