PENYEBAB DAN SOLUSI JIKA LAPTOP SUKA NGE HANG

PENYEBAB DAN SOLUSI JIKA LAPTOP SUKA NGE HANG

PENYEBAB DAN SOLUSI JIKA LAPTOP SUKA NGE HANG
PENYEBAB DAN SOLUSI JIKA LAPTOP SUKA NGE HANG

penyebab dan solusi ampuh jika laptop suka nge hang – kalian pasti pernah mengalami yang namanya “greget” saat lagi didepan komputer atau laptop, betul? Salah satu penyebanya yaitu komputer/laptop nge-hang.

Situasi seperti ini memang sangat menjengkelkan apalagi pada saat kita sedang mengerjakan sebuah tugas atau sedang asik asik nya browsing. Mungkin tak hanya segelintir orang yang pernah mengalami sistuasi seperti itu.

penyebab dan solusi ampuh jika laptop suka nge hang

1. Kapasitas memory tidak mencukupi

Memory RAM sangat berpengaruh disini,perangkat yang menyimpan data sementara ini dapat menjadi penyebab laptop nge-hang, data program yang berjalan terus dan tidak kompatibel dengan kapsitas RAM dapat berpengaruh menjadi sebab laptop nge hang.

Untuk menangani kasus ini kalian dapat meng upgrade RAM menjadi lebih besar kapasitasnya.

2. Banyak aplikasi atau program yang berjalan

Poin nomer dua ini masih berkaitan dengan kapasitas RAM pada poin pertama. Kapasitas RAM berpengaruh terhadap lancarnya program yang berjalan, ya benar. Banyaknya program aplikasi yang berjalan juga harus disesuaikan dengan kapasitas RAM.

Jika tidak mungkin terjadi kemungkinan laptop nge-hang. Selain banyaknya program aplikasi yang berjalan, banyaknya program pelindung atau antivirus juga berpengaruh.

3. Banyaknya program antivirus

Tahu antivirus? Ya program ini lah yang senantiasa melindungi laptop kita dari serangan virus. Tetapi walau kerjanga penting bagi komputer anti virus juga dapat berpengaruh terhadap nge hang nya pada laptop.

Kenapa? Dikarenakan program antivirus bekerja secara otomatis dibelakang, tanpa kontrol dari pengguna. Apa kalian pernah menjalankan aplikasi antivirus secara manual? Kecuali untuk scan direktori/flashdisk ya. Untuk mengetahuinya buka program task manager.

selain banyaknya program antivirus yang berjalan, serangan dari virus juga berpengaruh. Jadi, dengan aplikasi antivirus yang banyak lalu berjalan secara otomatis dan serangan dari virus menjadi salah satu sebab laptop nge hang. Untuk menghindari masalah seperti ini, mulailah untuk mengurangi jumlah program antivirus/security pada laptop.

4. Adanya masalah pada harddisk

Komponen penyimpanan ini sangatlah penting,namun kesehatan harddisk juga dapat menyebabkan nge hang pada laptop, penyebabnya sebagai berikut:

1. Harddisk penuh/low space
2. Harddisk error/bad sector
3. Harddisk yang lama sehingga kecepatan/rpm nya menjadi lambat
4. Harddisk terfragmentasi

Cara mengatsinya nge hang karena masalah harddisk yaitu dengan:

1. Mengupgrade kapasitas harddisk atau mengganti yang baru
2. Mengantisipasi benturan fisik terhadap hrddisk
3. Membersihkan dari debu
4. Melakukan defragmenter teradap harddisk secara berkal
5. Cek kesehatan harddisk

poin poin diatas merupakan hal hal yang dapat menyebabkan sebuah laptop nge hang, dan hal seperti itu memang seharusnya dibenahi agar proses kegiatan komputasi sehari hari menjadi lancar.

Sumber: https://gameboxx.me/