PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

Untuk mengenal beberapa diantaranya, simak pembahasan berikut ini:

1. ASAP KENDARAAN BERMOTOR

Karena perkembangan jaman yang semakin pesat, oleh karena itu tidak heran jika saat ini kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu barang yang wajib di miliki setiap orang.

Di jalan raya, saat ini kendaraan bermotor sudah banyak di jumpai. tetapi, perlu diketahui bahwasannya asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan polusi ditambah dengan jumlah yang banyak, udara menjadi tercemar.

2. PEMBANGKIT LISTRIK

Tidak bisa di pungkiri, meskipun sudah masuk era modern, saat ini masih banyak pembangkit listrik konvensional yang menggunakan bahan kurang ramah lingkungan.

Comtohnya saja seperti gas, minyak dan batubara. Saat bahan bakar yang menjadi gas ini pembakarannya tidak sempurna, maka akan menyebar di udara, dan menyebabkan efek yang cukup berbahaya.

3. BERASAL DARI ABU POLUTAN GUNUNG BERAPI

Di Indonesia, gunung merapi yang masih aktif tentu saja sangat banyak jumlahnya. Saat terjadi letusan gunung berapi, stabilitas udara di wilayah bersangkutan pun akan terganggu.

Udara yang menyebar pun menjadi tidak sehat untuk di hirup. Tetapi faktor yang satu ini merupakan salah satu faktor alami yang tentu cukup sulit di hindari.

4. LIMBAH ASAP INDUSTRI ATAU PABRIK

Penyebab pencemaran udara yang terbesar tidak lain adalah limbah pabrik atau industri. Di berbagai negara, tentu saja ada banyak sekali pabrik atau industri yang berdiri.

Sedangkan limbah asap pabrik tentu saja tidaklah sedikit. Padahal, limbah asap industri atau pabrik bukanhlah udara yang baik untuk dihirup.

5. LIMBAH PERTANIAN

Tidak hanya pabrik, limbah pertanian juga bisa berdampak untuk pencemaran udara. mengingat banyaknya penggunaan pupuk dan bahan-bahan kimia untuk menunjang hasil panen pertanian.

Selain tidak baik untuk tanah, juga tidak baik bagi udara karena bisa mengakibatkan pencemaran jika penggunaannya terlalu berlebihan.

6. BERBAGAI KEGIATAN PERTAMBANGAN

Jika berbicara mengenai Indonesia, banyak sekali dijumpai industri pertambangan. Yang mana industri ini dapat menyebabkan pencemaran udara.

Penyebab utamanya yaitu, saat mineral dari perut bumi di ambil, maka polutan pun bisa muncul. Pertambangan ini juga dapat menyebabkan berbagai efek negatif, terutama dalam proses pengeboran.

7. AKTIVITAS RUMAH TANGGA

Untuk penyebab yang ini mungkin cukup meragukan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwasannya berbagai aktivitas rumah tangga tidak bisa dianggap hal yang sepeleh.

Mungkin intensitasnya tidak banyak, tapi tetap saja berpengaruh untuk pencemaran udara. Misalnya seperti pembakaran sampah yang masih sembarangan dan lain-lainnya.

8. KEBAKARAN HUTAN

Salah satu kejadian alam yang sangat fatal dan sulit untuk di atasi yaitu kebakaran hutan. Apalagi mengingat bahwa penyebabnya juga sering tidak terduga.

Tapi ketika menimbulkan asap yang terlalu banyak tentu saja akan mengakibatkan polusi udara.

Selain polusi udara, kebakaran hutan juga akan berdampak untuk alam lainnya. bisa berujung pada longsor ataupun banjir.


Sumber: https://homtasuwa.net/cooking-chef-master-apk/