Peringati Hari Buku, 500-an Siswa SD Baca Buku di Tengah Sawah

Peringati Hari Buku, 500-an Siswa SD Baca Buku di Tengah Sawah

Peringati Hari Buku, 500-an Siswa SD Baca Buku di Tengah Sawah

Peringati Hari Buku, 500-an Siswa SD Baca Buku di Tengah Sawah
Peringati Hari Buku, 500-an Siswa SD Baca Buku di Tengah Sawah

Erlangga memegang erat sebuah buku, Senin (23/4) pagi. Kemudian buku

bersampul gambar astronot dan ruang angkasa dibacanya dengan suara keras. Siswa SDN Sambirejo itu tidak membaca di ruang kelas. Melainkan di pematang sawah yang ada di depan kampus Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Bocah sembilan tahun itu tampak girang saat suaranya beradu dengan suara teman-temannya. Ada lebih kurang 500 siswa dari tiga sekolah menggelar membaca bareng di tengah sawah yang baru saja di panen itu.

Meski tananhya masih agak becek, tetapi hal itu tidak menyurutkan minat para pelajar. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Buku Dunia yang jatuh pada Senin (23/4). Setidaknya ada tiga sekolah yang terlibat dalam membaca bersama. Diantaranya SDN Sambirejo, SDN 144 dan juga SDN Joglo. Aksi membaca bersama ini dimulai sekira pukul 08.10 WIB. Mereka berjajar dan berjalan di pematang sawah.
Siswa SD Membaca di Tengah Sawah

Kegiatan membaca ini untuk mengurangi siswa kecanduan smartphone

(Ari Purnomo/JawaPos.com)

Di tangan ratusan siswa itu ada sebuah buku. Ada berbagai jenis buku yang dibawa oleh siswa. Mulai dari buku ilmiah, buku cerita maupun jenis buku yang lainnya. Sesampainya di tengah sawah, mereka serentak membuka buku. Dengan suara lantang para siswa itu membaca teks yang ada di dalam buku tersebut. Sesekali diselingi dengan gelak tawa. Tentunya hal ini menjadi pengalaman yang tidak biasa bagi para siswa.

Selama ini, mereka lebih banyak menghabiskan waktu belajar di sekolah. Tetapi kali ini, mereka diajak keluar sekolah untuk melakukan aktivitas membaca. “Siswa-siswa ini selama ini kan hanya melihat sawah, tetapi mereka hampir tidak pernah menginjak tanah di sawah. Makanya kami mengajak para siswa untuk merasakan sensasi belajar di sawah,” ungkap penggagas kegiatan, Mayor Haristanto kepada JawaPos.com, di sela-sela kegiatan.

Selain itu, Mayor menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat para siswa

dalam membaca. Hal ini karena, selama ini banyak siswa yang mulai kecanduan dengan smartphone. Dan hal itu seharusnya tidak boleh terjadi. “Memegang dan membuka buku saja itu adalah berkah. Dan kami ingin dengan kegiatan ini anak-anak akan suka membaca daripada bermain handphone,” katanya.

Salah seorang siswa SDN Sambirejo, Anamika, 9, mengatakan membaca buku di tengah sawah menjadi hal yang menarik dan baru pertama kali. Dirinya pun menjadi lebih bersemangat untuk memperbanyak membaca buku. “Ya asyik, membaca buku di tengah sawah, temannya banyak,” katanya

 

Baca Juga :