PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI DARI AWAL SAMPAI MASA DEPAN

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI DARI AWAL SAMPAI MASA DEPAN

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI DARI AWAL SAMPAI MASA DEPAN
PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI DARI AWAL SAMPAI MASA DEPAN

perkembangan sistem operasi dari awal sampai masa depan – admin akan membagi informasi berkaitan tentang perkembanan sistem operasi mulai dari generasi pertama hingga generasi masa depan.

Sistem operasi memanglah sangat berpengaruh terhadap kegiatan komputasi manusia. Dengan adanya sistem operasi kegiatan komputasi dapat berjalan, selain lebih mudah juga menjadi lebih nyaman dalam penggunaan sebuah komputer.

Menurut kalian sendiri pembagian generasi sistem operasi itu seperti apa? Menutut berbagai ahli salah satunya Tanebaum generasi sistem operasi dibagi menjadi lima, berikut
perkembangan sistem operasi dari awal sampai masa depan

1. Generasi pertama (1945 – 1955)

Sebenarnya pada genrasi ini sistem operasi belum ada, namun pengoperasian komputer masih tetap berjalan yaitu dengan cara sistem komputer diberi intruksi untu dikerjakan.

Pada generasi ini penggunaan komputer masih dalam sebatas sebgai alat bantu hitung. Dengan kekurangan yang masih banyak maka komputer pada zaman tersebut rumit untuk dioperasikan.

2. Generasi kedua (1955 -1965)

Sama dengan generasi pertama, pada generasi kedua in masih belum ada ynag namanya sistem operasi. Oleh karena itu pengoperasianya masih sama dengan generasi pertama. Namun perkembangan dan kecerdasan manusia teruslah maju, pada genrasi ini

ditemukannya Batch Prosesing System yaitu sebuah job/perintah yang dikerjakan dalam satu angkaian yang dikerjkan secra berurutan.

3. Generasi keempat (1965 -1980)

Dunia tersenyum, pada generasi menjadi titikawal kemunculan sistem operasi. Namun sistem operasi pada generasi belum atau tidak adanya grafis yang memudahkan kegiatan komputasi. Pada generasi ini sistem operasi dikembangkan untuk melayani pemakai, dimana pemakai berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer

4. Generasi keempat (1980 – 2000an)

Perkembangan sistem operasi terus berjalan, akhirnya sistem operasi dilengkapi dengan GUI. Apa itu GUI? GUI(Graphical User Interface) yaitu suatu tampilan antar muka komputer yang berbasis grafis yang sangat mudah dan sangat nyaman untuk digunakan.

Dengan kata lain GUI adalah tampilan yang berwarna warni pada sistem operasi. Sebelum adanya GUI pengoperasian sistem operasi komputer meggunakan perintah beruta text

5. Generasi selanjutnya atau masa depan

Tak hanya berada pada perangkat komputer, pada generasi ini sistem operasi sudah dapat diaplikasikan pada perangkat mobile/ perangkat yang dapat dibawa kemana mana seperti , laptop, notebook,PDA, smartphone.

Kenapa pada genarsi 1- 4 komputer tida termasuk perangkat mobile? Dikarenakan pada genrasi tersebut komputer masih dalam bentuk yang sangat besar tak seperti pada generasi selanjutnya.

Baca Juga: