Permainan Sondah

Sondah adalah permainan tradisional sederhana yang cara memainkannya hanya dibutuhkan sebatang kapur untuk menggambar bentuk persegi sebanyak 8 buah di lantai atau di tanah lapang.

Mungkin kita merasa bahwa permainan Sondah/engklek adalah permainan asli tradisional Indonesia, tapi faktanya bukan. Permainan ini berasal dari Roma, Itali. Permainan ini di roma disebut permainan Hopscotch yang mempunyai arti Hop (melompat atau lompat) dan scotch (garis-garis yang berada di dalam permainan tersebut). Awalnya di Roma permainan Sondah/Hopscotch ini di gunakan untuk latihan perang para tentara Roma. Biasanya permainan ini dilakukan tentara Roma di daerah Great North Road (Perjalanan untuk penjajahan daerah dari glosgow, Skotlandia ke Inggris). Arena permainan di buat lebih luas yaitu lebih dari 100 kaki (31 Meter) panjangnya. Permainan ini untuk melatih kecepatan, kekuatan dan stamina tentara Roma sambil membawa perlengkapan perang.

–          Alat yang digunakan untuk bermain sondah

Alat yang digunakan dalam permainan Sondah tidak banyak dan tidak sulit untuk dicari. Alat untuk membuat garisnya sendiri tergantung dari tempat kita bermain.

Di Luar rumah : jalan aspal komplek ( kapur) lapangan yang di cor (menggunakan kapur) dan di tanah (garis dengan menggunakan kayu atau apapun yang bisa digunakan sebagai alat pembuat garis d tanah)

Dirumah : garasi (gunakan selotip) dan dalam rumah (gunakan karpet Puzzle)

–           Cara bermain Sondah

Buatlah tempat untuk bermain Sondah. Persegi pertama digambar paling awal berderet horizontal hingga persegi ketiga, namun pada persegi keempat dan kelima digambarkan sejajar vertikal. Berikutnya persegi ke enam dibuat diatasnya, tepat diantara persegi keempat dan kelima. Lalu yang terakhir persegi ketujuh dan kedelapan dibuat persis seperti persegi keempat dan kelima namun posisinya berada diatas persegi keenam, dan ada yang disebut gunung yaitu yang berada di paling atas.

Setelah selesai, setiap pemain harus memilih / mencari kojo untuk dilempar. Contohnya seperti pecahan genting atau batu, dan sebagainya.

–           Maanfaat bermain permainan tradisional Sondah

Cara memainkan permainan Sondah cukup sederhana dan juga menyehatkan.

Tentunya dapat melatih keseimbangan, Karena setiap pemain diwajibkan untuk melompati setiap persegi dengan sebelah kaki saja

Ketangkasan dan kekuatan kaki si pemain, sebaiknya kaki yang digunakan untuk menopang berat tubuh ialah kaki kanan, karena biasanya sebagian besar orang lebih nyaman untuk berjinjit dengan kaki kanan dibandingkan kaki kirinya. Sulit menjaga keseimbangan ketika kaki kiri digunakan untuk menopang berat tubuh. Jika pemain kurang cermat dalam menjaga keseimbangan kakinya, maka tentunya ia akan terjatuh dan gugur dalam permainan.

Ketika bermain permainan Sondah ini dapat dipastikan bahwa si pemain mengeluarkan keringat dan membakar banyak kalori akibat melompat-lompat dengan satu kaki. Sama saja dengan kegiatan berolahraga

Mengajarkan ke ikhlasan, dalam permainan selalu ada yang menang dan kalah, disitulah ditanamkan bahwa mennag dan kalah adalah hal yang biasa yang penting kita belajar untuk besok bagimana caranya untuk bisa menang.

Mengenal lingkungan sekitar, anak diajarkan untuk mengenal lingkunagn sekitar , karena permainan ini dilakukan diluar rumah.

sumber :

https://daftarpaket.co.id/seva-mobil-bekas/