PROSES PEMBUATAN KAIN SUPERNOVA

PROSES PEMBUATAN KAIN SUPERNOVA

PROSES PEMBUATAN KAIN SUPERNOVA

Dalam pembuatan segala bentuk kain

akan melalui beberapa tahapan yang mesti dilalui. Seperti halnya, proses pembuatan rajut supernova itu sendiri. Diawali dengan benang rajutan yang akan dirajut secara manual maupun dengan mesin. Mesin – mesin yang digunakan pun bermacam – macam, dimulai dengan 5gauge, 7gauge, atau 12gauge. Dari kesemua mesin tersebut akan menentukan kain yang dihasilkan nanti.

Proses pertama yang harus dilalui adalah men setting mesin rajut serta memasang benang rajut dalam mesin. Hal itu dilakukan agar, mendapatkan hasil rajut yang renggang atau rapat. Setelah proses tersebut dilakukan tahapan selanjutnya adalah menggesek secara manual dari kiri dan kanan. Karena dengan sendirinya, jarum – jarum tersebut akan membentuk pola rajut yang sesuai.

Proses penggesekan pun akan menentukan panjang dan lebar dari sebuah rajutan. Mengenai dari kombinasi warna yang digunakan pun bisa bermacam – macam. Karena pencampuran warna pun dapat digunakan sesuai dengan keinginan. Sehingga kain yang dihasilkan pun, akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Adapun proses selanjutnya adalah menyambungkan hasil dari semua rajutan tersebut menjadi satu, entah dalam bentuk baju, atau hanya sehelai kain saja.

Setelah itu, kain – kain tersebut disambungkan menggunakan mesin yang dinamakan mesin linking. Pada mesin ini terdapat jarum rajut yang berbeda dengan jarum yang sebelumnya, sehingga dalam proses ini yang ditentukan adalah sambungan dari kain – kain yang dikaitkan tadi, yang pada akhirnya membentuk suatu barang berupa baju ataupun syal.

Namun, satu hal yang harus diingat bahwa, perawatan yang dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan dari serat kain yang digunakan harus sesuai dan penuh perhatian khusus. Dikarenakan kain rajut supernova ini juga memiliki ketahanan yang berbeda dengan jenis kain rajut lainnya. Menyetrika, dan mencucinya pun harus menggunakan cara khusus agar karakteristik dari kain tersebut tidak rusak.

Untuk itu, dalam menjaga ataupun merawat kain yang memang sudah menjadi baju ataupun syal dan semacamnya. Haruslah melalui beberapa tahapan yang disarankan, sehingga pada nantinya akan membentuk barang yang sesuai dengan yang dihasilkan. Akan tetapi, semua hal tersebut memang tidaklah mudah untuk dilakukan. Jadi diperlukan ketekunan yang lebih dalam melakukannya.


Baca Juga :