Protokol untuk Komunikasi Komputer

Protokol untuk Komunikasi Komputer

Protokol untuk Komunikasi Komputer

Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk  berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memilki ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.

           IBM menciptakan System Network Architecture sebagai satu protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan komputer mikro. IBM juga menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu  atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi kekomputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).

           Protokol peer to peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda token logis akan diedarkan diantara sesama komputer. komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.

           Xerox mengembangkan satu arsitektur komunikasi peer-to-peer  yang berbeda pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama dengan intel dan digital equipment corporation, mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol terbuka bagi kiomunikasi peer-to-peer. Berbeda denga token ring milik IBM, Ethernet bekerja dijalur tranmisi tunggal, tidak ada token yang diedarkan untuk menentukan komputer mana yang mengendalikan media komunikasi.

Paket

Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya. Salah satu protokol penggantian paket yang lebih penting adalah transmision control protokol.

Alamat Jaringan Internet                       

sumber : 

Dragon Shadow Warriors: Last Stickman Fight Legend 1.8.6 Apk