Regresi dan Prediksi

            Jika terdapat korelasi antara dua variabel dan kita mengetahui skor pada salah satu variabel, skor pada variabel kedua dapat diprediksikan. Regresi menunjukkan pada seberapa baik kita dapat membuat prediksi ini. Sebagaimana pendekatan koefisien korelasi baik -1,00 maupun +1,00, perdoksi kita dapat lebuh baik.

  1. Regresi Ganda (Multiple Regresion)

            Regresi jamak merupakan perluasan dari regresi dan prediksi sederhana dengan penambahan beberapa variabel. Kombinasi beberapa variabel ini memberikan lebih banyak kekuatan pada kita untuk membuat prediksi yang akurat. Apa yang kita prediksikan disebut variabel kriteria (Criterion Variable). Apa yang kita gunakan untuk membuat prediksi, variabel-variabel yang sudah diketahuai disebut variabel prediktor (Predictor Variables).

  1. Analisis Faktor

            Prosedur statistik ini mengidentifikasi pola variabel yang ada. Sejumlah besar variabel dikorelasikan dan terdapatnya antar korelasi yang tinggi mengindikasikan suatu faktor penting yang umum.

  1. Rancangan Korelasional

            Yang digunakan untuk menarik kesimpulan kausal terdapat dua racangan yang dapat digunakan untuk membuat pernyataan-pernyataan tentang sebab dan akibat menggunakan metode korelasional. Rancangan tersebut adalah rancangan analisis jalur (Path Analysis Design) dan rancangan panel lintas akhir (Cross-Lagged Panel Design). Analisis jalur digunakan untuk menentukan mana dari sejumlah jalur yang menghubungkan satu variabel dengan variabel lainnya. Sedangkan desain panel lintas akhir mengukur dua variabel pada dua titik sekaligus.

sum;ber :

Pos-pos Terbaru