Resep Ayam Suwir Hajatan Bumbu Kering Meresap

Cara meracik bumbu yang enak dan benar-benar meresap, membuat resep ayam suwir menjadi menu ala prasmanan yang sangat spesial dalam setiap hajatan atau kondangan termasuk dalam acara pesta pernikahan. Ada banyak kreasi ayam suwir, termasuk juga bumbu kering dan basah (sedikit berkuah) yang merupakan macam variasi yang bisa kita terapkan pada saat memasak.
Resep Ayam Suwir
Menghadirkan sensasi cita rasa masakan ala hajatan dapat dengan mudah dan sederhana kita bikin sendiri di rumah, bahkan kita bisa menambahkan rasa pedas jika untuk menyajikan menu rumahan. Sedangkan dalam hajatan sebaiknya ayam suwir tidak perlu pedas supaya bisa dinikmati banyak tamu.

Takaran bumbu ayam suwir tanpa santan ini sudah begitu gurih dan lezat dari pemakaian air kaldu dan variasi bumbu serta rempah yang digunakan, tapi tidak bisa juga dilarang bila ingin menambahkan lagi penyedap rasa atau kaldu bubuk karena berbicara selera memang begitu relatif.

Bahan Bumbu Ayam Suwir :

500 gram daging ayam (bagian dada)
100 ml air kaldu (dari rebusan ayam)
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, geprek
2 cm lengkuas, geprek
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
1 buah bawang bombay diiris-iris
1 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
Persiapan Bahan Bumbu Ayam Suwir
Bumbu Ayam Suwir yang Diulek Halus :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
4 butir kemiri
2 cm kunyit
½ sdt terasi
¼ sdt pala
7 buah cabe merah besar (buang biji agar tidak pedas)
Cara Membuat Ayam Suwir ala Hajatan :
Rebus daging ayam hingga matang, tiriskan lalu suwir-suwir. Sisihkan 100 ml air rebusan untuk air kaldu ayam.
Panaskan secukupnya minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, irisan bawang bombay, daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas, lalu tumis serta aduk-aduk hingga harum.
Masukkan suwiran daging ayam, aduk-aduk rata kemudian tuangkan air kaldu, tambahkan garam dan gula, selanjutnya tuang saus tiram, saus tomat dan kecap manis, aduk agar merata.
Masak hingga bumbu menyerap dan hampir kering sambil diaduk sesekali, matikan api dan ayam suwir sudah siap untuk disajikan.

 

POS-POS TERBARU