Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara

Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara

Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara

Terjalinnya hubungan diantara negara-negara yang melakukan perdagangan dapat memudahkan suatu negara memenuhi  barang-barang kebutuhan yang belum mampu diproduksi sendiri. Sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi.

  1. b)Meningkatkan produktivitas usaha

Dengan adanya perdagangan internasional, kemajuan teknologi yang digunakan dalam proses produksi akan meningkat. Meningkatnya teknologi yang lebih modern dapat miningkatkan produktivitas perusahaan dalam menghasilkan barang-barang.

  1. c)Mengurangi pengangguran

Perdagangan internasional dapat membuka kesempatan kerja baru, sehingga hal ini menjadi peluang bagi tenaga kerja baru untuk memasuki dunia kerja.

  1. d)Menambah pendapatan devisa bagi negara

Dalam kegiatan perdagangan internasional setiap negara akan memperoleh devisa, semakin banyak barang yang dijual di negara lain, perolehan devisa bagi negara akan semakin banyak.

Pengaruh negatif:

  1. a) Adanya ketergantungan dengan negara-negara pengimpor

Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang yang tidak diproduksi dalam negeri, pemerintah akan mengimpor dari negara lain. Kegiatan mengimpor ini dapat mengalami ketergantungan dengan negara pengimpor.

  1. b)Masyarakat menjadi konsumtif

Banyaknya barang-barang impor yang masuk kedalam negeri menyebabkan semakin banyak barang yang ada dipasar baik dari jumlah, jenis, dan bentuknya. Akibatnya akan mendorong seseorang untuk lebih konsumtif, karna semakin banyak barang-barang pilihan yang dapat dikonsumsi.

  1. c)Mematikan usaha-usaha kecil

Perdagangan internasional, dapat menimbulkan persaingan industri dengan negara-negara lain. Industri yang tidak mampu bersaing tentu mengalami kerugian, sehingga akan mematikan usaha produksinya. Dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan pengangguran.

BAB III

PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Perekonomian terbuka atau perekonomian empat sektor adalah suatu sistem ekonomi yang melakukan kegiatan ekspor-impor dengan negara-negara lain di dunia. Mencakup empat sector antara lain, Sektor rumah tangga (Households sector), Sektor perusahaan (Firms Sector), Sektor pemerintahan (Government Sector) dan Sektor pemerintahan (Government Sector).

Ekspor dan Impor mempengaruhi keseimbangan pendapatan nasional tergantung kepada ekspor neto yaitu ekspor dikurangi impor. Apabila ekspor neto positif, maka pengeluaran agregat dalam ekonomi akan bertambah. Keadaan ini akan meningkatkan pendapatan nasional dan kesempatan kerja. Terdapat pengaruh positif dan negative dalam ekspor dan impor.

Pengaruh positifnya antara lain, Saling membantu memenuhi kebutuhan antar negara, Meningkatkan produktivitas usaha, Mengurangi pengangguran dan Menambah pendapatan devisa bagi negara. Sedangkan untuk pengaruh negatifnya antara lain, Adanya ketergantungan dengan negara-negara pengimpor, Masyarakat menjadi konsumtif dan Mematikan usaha-usaha kecil.

sumber :